Sabtu 08 Mei 2021, 07:42 WIB

WHO Setujui Vaksin Covid-19 Sinopharm BuatanTiongkok

Nur Aivanni | Internasional
WHO Setujui Vaksin Covid-19 Sinopharm BuatanTiongkok

AFP/Robert ATANASOVSKI
Vaksin covid-19 Sinopharm buatan Tiongkok

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO), pada Jumat (7/5) menyetujui vaksin covid-19 asal Tiongkok dalam upaya untuk meningkatkan dorongan imunisasi global, ketika India mencatat rekor jumlah infeksi lain yang telah menyebar ke negara-negara tetangga. Banyak negara Barat mulai dibuka kembali karena vaksinasi semakin cepat, pihak berwenang di Tokyo dan bagian lain Jepang memperpanjang keadaan darurat virus, kurang dari tiga bulan sebelum Olimpiade.

Di Jenewa, WHO menyetujui untuk penggunaan darurat vaksin Sinopharm, vaksin non-Barat pertama yang mendapat lampu hijau, dan membangun persenjataan global untuk melawan virus.

"Jumlah kasus, jumlah kematian secara global terus meningkat," kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers. "Kami akan melihat situasi yang serius seperti yang kami lihat sekarang di India, di Brasil," kata dia memperingatkan.

WHO telah memberikan daftar penggunaan darurat untuk vaksin yang dibuat oleh Pfizer-BioNTech, Moderna, Johnson & Johnson, dan AstraZeneca yang diproduksi di lokasi terpisah di India dan di Korea Selatan. Vaksin Sinopharm sudah digunakan di 42 wilayah di seluruh dunia, keempat di belakang AstraZeneca (166), Pfizer-BioNTech (94) dan Moderna (46), menurut penghitungan AFP.

baca juga: Vaksin Covid-19

Namun pejabat tinggi WHO Mariangela Simao mengatakan persetujuan Sinopharm tersebut berpotensi mempercepat akses ke vaksin di banyak negara lain. India kini tengah bergulat dengan lonjakan kasus korona, di mana rekor kasus harian telah membuat negara itu mencatat hingga setengah dari semua infeksi global dalam seminggu terakhir.

Pada Kamis kemarin, India mencatat 414.000 kasus baru rekor global lainnya, serta hampir 4.000 kematian menurut data resmi yang dicurigai banyak ahli adalah perkiraan yang terlalu rendah. (AFP/OL-3)

Baca Juga

 AFP/Hazem Bader.

Orang Badui Israel Anggap Janji-Janji Pemerintah Baru itu Palsu

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 12:33 WIB
Sebagian besar dari hampir 300.000 orang Badui Israel tinggal di Negev yang gersang di selatan negara itu, di pinggiran masyarakat...
AFP/Jim Watson

AS Tengah Persiapkan Sanksi Baru untuk Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 10:01 WIB
"Kami mengumpulkan sekutu Eropa dalam upaya bersama untuk mengenakan biaya pada Rusia untuk penggunaan bahan kimia terhadap salah satu...
AFP/Handout / various sources

Hadiri Konferensi Keamanan, Pemimpin Junta Myanmar Tiba di Moskow

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:14 WIB
Pemimpin Junta Min Aung Hlaing meninggalkan ibu kota Naypyidaw, Minggu (20/6), dengan penerbangan khusus untuk menghadiri Konferensi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya