Sabtu 08 Mei 2021, 07:42 WIB

WHO Setujui Vaksin Covid-19 Sinopharm BuatanTiongkok

Nur Aivanni | Internasional
WHO Setujui Vaksin Covid-19 Sinopharm BuatanTiongkok

AFP/Robert ATANASOVSKI
Vaksin covid-19 Sinopharm buatan Tiongkok

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO), pada Jumat (7/5) menyetujui vaksin covid-19 asal Tiongkok dalam upaya untuk meningkatkan dorongan imunisasi global, ketika India mencatat rekor jumlah infeksi lain yang telah menyebar ke negara-negara tetangga. Banyak negara Barat mulai dibuka kembali karena vaksinasi semakin cepat, pihak berwenang di Tokyo dan bagian lain Jepang memperpanjang keadaan darurat virus, kurang dari tiga bulan sebelum Olimpiade.

Di Jenewa, WHO menyetujui untuk penggunaan darurat vaksin Sinopharm, vaksin non-Barat pertama yang mendapat lampu hijau, dan membangun persenjataan global untuk melawan virus.

"Jumlah kasus, jumlah kematian secara global terus meningkat," kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers. "Kami akan melihat situasi yang serius seperti yang kami lihat sekarang di India, di Brasil," kata dia memperingatkan.

WHO telah memberikan daftar penggunaan darurat untuk vaksin yang dibuat oleh Pfizer-BioNTech, Moderna, Johnson & Johnson, dan AstraZeneca yang diproduksi di lokasi terpisah di India dan di Korea Selatan. Vaksin Sinopharm sudah digunakan di 42 wilayah di seluruh dunia, keempat di belakang AstraZeneca (166), Pfizer-BioNTech (94) dan Moderna (46), menurut penghitungan AFP.

baca juga: Vaksin Covid-19

Namun pejabat tinggi WHO Mariangela Simao mengatakan persetujuan Sinopharm tersebut berpotensi mempercepat akses ke vaksin di banyak negara lain. India kini tengah bergulat dengan lonjakan kasus korona, di mana rekor kasus harian telah membuat negara itu mencatat hingga setengah dari semua infeksi global dalam seminggu terakhir.

Pada Kamis kemarin, India mencatat 414.000 kasus baru rekor global lainnya, serta hampir 4.000 kematian menurut data resmi yang dicurigai banyak ahli adalah perkiraan yang terlalu rendah. (AFP/OL-3)

Baca Juga

Ist/globalhealth

WHO Ingatkan Penggunaan Masker Kain Tidak Mampu Cegah Omikron

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 21 Januari 2022, 16:41 WIB
Direktur WHO untuk Kesehatan Global Lawrence Gostin mengatakan untuk melindungi dari varian delta pun masker kain hanya memiliki...
Kenzo TRIBOUILLARD / AFP

Tiongkok Kecam Parlemen Prancis Sebut Beijing Lakukan Genosida Uighur

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 16:26 WIB
Barat menyebut kekerasan yang dilakukan oleh Tiongkok terhadap warga muslim Uighur sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan dan...
Prakash SINGH / AFP

Kasus Covid Turun, New Delhi akan Cabut Penerapan Jam Malam

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 15:06 WIB
Jumlah kasus baru di Delhi telah berkurang lebih dari setengahnya dari puncak 28.867 pada 13 Januari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya