Senin 03 Mei 2021, 19:22 WIB

Taiwan Minta Dukungan Indonesia untuk Berpartisipasi di WHO

Nur Aivanni | Internasional
Taiwan Minta Dukungan Indonesia untuk Berpartisipasi di WHO

AFP
Gedung Istana Kepresidenan Taiwan yang berlokasi di Taipei.

 

PENGALAMAN sukses dalam memerangi pandemi covid-19 membuktikan bahwa Taiwan memiliki kemampuan untuk berkontribusi pada perawatan kesehatan global. 

Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan Shih-chung Chen bahkan menyebut negaranya harus terlibat dalam berbagai pertemuan dan mekanisme Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Otoritas Taiwan pun meminta Indonesia dan pihak lainnya untuk mendukung partisipasi Taiwan di lembaga global tersebut.

"Taiwan pernah diprediksi menjadi salah satu negara yang paling parah terkena dampak pandemi, karena kedekatan geografisnya dengan Tiongkok. Namun, karena Taiwan memiliki pengalaman dalam memerangi SARS pada 2003, sehingga tidak mengabaikan peringatan yang diterima sejak awal," ujar Menteri Chen dalam pernyataan resmi, Senin (3/5).

Baca juga: Taiwan Bantu India untuk Penanganan Covid-19

Sejak 31 Desember 2019, Taiwan memanfaatkan berbagai informasi untuk memperkuat pengawasan terhadap pandemi covid-19. Negara itu dengan cepat mengadopsi tindakan pencegahan covid-19. Hingga 22 April 2021, Taiwan hanya memiliki 1.086 kasus covid-19, termasuk 11 kasus kematian.

Mayoritas masyarakat Taiwan dapat mempertahankan kehidupan dan pekerjaan secara normal. Taiwan telah mencetak rekor tidak ada kasus lokal selama 253 hari berturut-turut, yakni sepanjang April-Desember 2020. Capaian itu membuat dunia terkesan.

Taiwan telah membentuk jaringan pencegahan dan pengobatan penyakit menular nasional setelah epidemi SARS pada 2003. Memilih lebih dari 100 rumah sakit terisolasi di seluruh negeri untuk dimasukkan dalam jaringan medis, serta memilih rumah sakit tanggap darurat di setiap daerah.

"Fakta membuktikan bahwa mekanisme ini membantu melindungi sistem medis dan tenaga medis dari kelebihan beban. Selama pandemi, sebagian besar layanan medis yang bukan covid-19, dapat beroperasi secara normal, tanpa gangguan," tutur Chen. 

Baca juga: Hampir 20 Juta Warga India Terinfeksi Covid-19

Kepercayaan dan kerja sama rakyat Taiwan terhadap pemerintah, menjadi faktor utama keberhasilan Taiwan dalam menekan kasus covid-19. Pemerintah Taiwan berupaya keras untuk memenuhi hak masyarakat terkait kebutuhan informasi, dengan tetap menjaga privasi dan kebebasan pribadi.

Menteri Chen mengklaim Taiwan sebagai salah satu negara paling sukses dalam mengatasi pandemi covid-19. Sebab, sistem medisnya baik, strategi pengujian ketat, serta transparansi dan keterbukaan informasi. Dampak covid-19 terhadap ekonomi Taiwan pun relatif kecil. Pertumbuhan ekonomi Taiwan pada 2020 tercatat 3,11%, yang sangat kontras dengan resesi global.

Lebih lanjut, Menteri Chen menyerukan Indonesia dan pihak terkait lainnya untuk mendukung masuknya Taiwan dalam WHO. Sehingga Taiwan dapat berpartisipasi penuh untuk mewujudkan Piagam WHO "Kesehatan Adalah Hak Asasi Manusia" dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).(OL-11)

Baca Juga

STR / AFP

AS Lacak Serpihan Roket Tiongkok yang Berpotensi Jatuh ke Bumi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 12:31 WIB
Benda sepanjang sekitar 30 meter ini diperkirakan akan jatuh kembali ke Bumi pada Sabtu (8/5) mendatang dan menjadi salah satu puing luar...
various sources / AFP

Bentuk Pemerintah Baru, Presiden Israel Tunjuk Pesaing Netanyahu 

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 11:43 WIB
Presiden Israel Reuven Rivlin mengatakan bahwa mantan Menteri Keuangan Yair Lapid mendapat dukungan yang dijanjikan dari 56 dari 120...
 Chip Somodevilla/Getty Images/AFP

AS Dukung Pembebasan Hak Paten pada Vaksin Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 10:48 WIB
Amerika Serikat menyatakan dukungannya untuk mengabaikan paten pada vaksin covid-19 guna meningkatkan produksi dan distribusinya di seluruh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya