Senin 03 Mei 2021, 11:16 WIB

Baku Tembak Taliban-Tentara Afghanistan Bentrok Kembali Terjadi

 Nur Aivanni | Internasional
Baku Tembak Taliban-Tentara Afghanistan Bentrok Kembali Terjadi

Afghanistan's Ministry of Defence office / AFP
Acara penyerahan pangkalan militer AS kepada Tentara Nasional Afghanstan di Provinsi Hemland, Afghanistan, Minggu (2/5).

 

PERTEMPURAN antara pasukan pemerintah Afghanistan dan Taliban telah menewaskan lebih dari 100 pemberontak dalam 24 jam terakhir jelang pengambila alihan pangkalan militer AS di provinsi yang bergolak. Pernyataan itu disampaikan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Afghanistan pada Minggu (2/5).

Militer AS menyerahkan Camp Antonik di Provinsi Helmand selatan kepada pasukan Afghanistan, sehari setelah secara resmi mulai menarik pasukannya yang tersisa dari negara itu.

Taliban dan pasukan pemerintah bentrok di beberapa provinsi, kata kementerian itu, termasuk di bekas benteng pemberontak Kandahar di mana militer AS melakukan "serangan presisi" pada Sabtu saat mulai menarik pasukan terakhirnya.

Sebanyak 52 pejuang Taliban lainnya terluka dalam bentrokan itu, kata Kemenhan Afghanistan, tanpa memberikan rincian korban yang diderita oleh pasukan pemerintah.

Taliban tidak memberikan pernyataan apa pun tentang pertempuran itu. TTetapi kedua belah pihak telah diketahui membesar-besarkan jumlah korban yang diderita di pihak lain.

Pertempuran di lapangan terus berlanjut dalam beberapa bulan terakhir ketika upaya perdamaian yang bertujuan untuk mengakhiri konflik 20 tahun telah tersendat.

Militer AS secara resmi mulai menarik 2.500 pasukannya yang tersisa dari negara yang dilanda kekerasan pada Sabtu (1/5), seperti yang diperintahkan oleh Presiden Joe Biden bulan lalu.

Para pejabat Afghanistan mengatakan semua pasukan asing akan dibawa ke Bagram, pangkalan Amerika terbesar di Afghanistan, dan dari sana mereka akan berangkat ke negaranya masing-masing.

Sebagai bagian dari penarikan yang sedang berlangsung, kata Kementerian Pertahanan, militer AS menyerahkan Camp Antonik di Helmand kepada pasukan Afghanistan.

Dikatakannya, pangkalan itu akan digunakan oleh pasukan khusus Afghanistan yang telah dilatih dalam operasi kontra-terorisme oleh militer AS dan NATO.

Militer AS telah menyerahkan beberapa pangkalan kepada pasukan Afghanistan sejak Washington menandatangani kesepakatan penting dengan Taliban tahun lalu yang membuka jalan bagi penarikan pasukan asing.

Kesepakatan yang ditandatangani pada Februari 2020 di bawah pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump menetapkan bahwa semua pasukan asing akan ditarik paling lambat 1 Mei 2021.

Biden mengumumkan pada April bahwa 2.500 tentara Amerika yang tersisa akan ditarik pada peringatan 20 tahun serangan 11 September dan bukan pada 1 Mei. Namun dia mengatakan penarikan tersebut akan dimulai pada 1 Mei. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

euractiv.com

Polandia Temukan Tiga Kasus Pertama Varian Covid-19 Asal Brasil

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:02 WIB
Otoritas memperketat aturan karantina pada Mei bagi mereka yang tiba dari Brasil, India, dan Afrika Selatan setelah kasus varian COVID-19...
aljazeera.com

Saksi Gambarkan Ngerinya Kecelakaan Kereta Api Metro di Meksiko

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:38 WIB
Kereta api metro itu jatuh ke jalanan yang berada di bawah jalur kereta metro, dan menewaskan 25...
hilip FONG / AFP

Tiongkok Kecam Pernyataan G7 yang Dukung Taiwan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 19:25 WIB
G7 menganggap Tiongkok bersalah atas pelanggaran hak asasi manusia dan menggunakan pengaruh ekonominya untuk menggertak orang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya