Kamis 15 April 2021, 03:45 WIB

Biden: Waktunya Mengakhiri Perang AS di Afghanistan

Widhoroso | Internasional
Biden: Waktunya Mengakhiri Perang AS di Afghanistan

AFP/Andrew Harnik
Presiden AS Joe Biden

 

PRESIDEN Amerika Serikat Joe Biden, Rabu (14/4) menyatakan saat inilah 'waktu untuk mengakhiri' perang terpanjang Amerika dengan penarikan pasukan tanpa syarat dari Afghanistan. Selama dua dekade, Amerika Serikat melakukan peperangan di Afghanistan melawan kelompok Taliban.

Perang yang dijluki 'perang selamanya' ini dimulai saat militer Amerika Serikat ditugaskan di Afghanistan untuk menghadapi kelompok Taliban pascaserangan menara Kembar WTC, 11 September 2001. Selama 20 tahun menjalankan aksi militer di Afghanistan hampir 2.400 tenta Amerika Serikat dan puluhan ribu orang lainnya tewas di Afghanistan.

Biden menyebut 11 September 2021 sebagai batas waktu penarikan terakhir tentara Amerika Serikat dari Afghanistan. Dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional, Biden mengatakan Amerika Serikat telah menyelesaikan misi awalnya yang terbatas untuk menghancurkan kelompok-kelompok jihadis internasional di balik serangan 9/11.

"Serangan mengerikan 20 tahun lalu ... tidak bisa menjelaskan mengapa kami harus tetap di sana pada 2021. Sudah waktunya untuk mengakhiri perang selamanya," jelas Biden.

Keputusan Biden tersebut mendapat pujian dari berbagai pihak. "Saya memuji keputusan Presiden Biden," kata Senator Demokrat Chuck Schumer Rabu.

Namun, ada kritik dari beberapa pihak bahwa Amerika Serikat akan meninggalkan pemerintah Afghanistan dan mendorong pemberontakan kelompojk jihadis. (AFP/OL-15)

Baca Juga

alamy.com

Universitas yang Didirikan Jack Ma Berganti Nama

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 01:09 WIB
Hupan University yang didirikan oleh pendiri raksasa e-dagang Alibaba, Jack Ma, berganti nama, demikian media Tiongkok, Selasa...
forbes.com

Maskapai Amerika Wajibkan Tes Covid-19 untuk Tujuan Italia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 00:19 WIB
Pemerintah Italia melonggarkan sejumlah pembatasan dan persyaratan perjalanan terkait COVID-19 dalam upaya meningkatkan pariwisata musim...
politico.eu

Emmanuel Macron Gelar KTT Bahas Pemulihan Ekonomi Afrika

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 23:56 WIB
Untuk menemukan cara membiayai ekonomi Afrika yang dirugikan oleh pandemi COVID-19 dan membahas penanganan hutang miliaran dolar di benua...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya