Selasa 13 April 2021, 18:43 WIB

Puluhan Pesawat Militer Tiongkok Masuki Wilayah Udara Taiwan

Nur Aivanni | Internasional
Puluhan Pesawat Militer Tiongkok Masuki Wilayah Udara Taiwan

AFP
Ilustrasi pesawat tempur.

 

TAIWAN menyatakan sejumlah jet militer Tiongkok melintasi wilayah udaranya pada Senin waktu setempat. Kementerian Pertahanan menyebut ada sekitar 25 pesawat, termasuk pesawat tempur dan pembom berkemampuan nuklir, memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ).

Serangan itu merupakan yang terbesar dalam setahun terakhir dan terjadi saat Amerika Serikat (AS) memperingatkan Tiongkok karena semakin agresif. Beijing memandang Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri. Namun, Taiwan melihat dirinya sebagai negara berdaulat.

Baca juga: Pentagon Sebut Ancaman Tiongkok Serang Taiwan Serius

Misi terbaru Tiongkok diketahui melibatkan 18 jet tempur, serta empat pembom, yang dapat membawa senjata nuklir. Berikut, dua pesawat anti-kapal selam dan satu pesawat peringatan dini.

Otoritas Taiwan telah mengirimkan pesawat tempur untuk memperingatkan militer Tiongkok. Selain itu, sistem rudal dikerahkan untuk memantau pergerakan mereka.

Tiongkok melakukan penerbangan reguler di atas perairan internasional antara bagian selatan Taiwan dan Kepulauan Pratas, yang dikuasai Taiwan di Laut China Selatan dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Nike Buat Pernyataan Soal Uighur, Selebritas Tiongkok Murka

Serangan terbaru juga membuat jet tersebut terbang ke ADIZ di barat daya Taiwan dekat Kepulauan Pratas. Dalam sebuah wawancara dengan NBC, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menegaskan kembali bahwa AS memiliki komitmen hukum terhadap Taiwan.

AS memandang Taiwan mempunyai kemampuan untuk mempertahankan diri. Kalangan pengamat menilai Tiongkok semakin khawatir dengan tindakan otoritas Taiwan. Serta, memperingatkan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen agar tidak mengambil langkah deklarasi kemerdekaan.(BBC/OL-11)

Baca Juga

AFP/Lionel BONAVENTURE

Negara Bagian AS Tolak Versi Instagram untuk Anak-Anak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 11 Mei 2021, 09:57 WIB
Mereka menyebut ancaman dari Instagram untuk anak-anak mencakup perundungan daring, predator anak, kesehatan mental, serta kegagalan...
Fabrice COFFRINI / AFP

Taiwan Berjuang untuk Diundang dalam Pertemuan WHO

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 11 Mei 2021, 09:45 WIB
Kelompok tujuh negara kaya atau G7 telah menyerukan Taiwan untuk menghadiri pertemuan badan pembuat keputusan WHO, Majelis Kesehatan...
AFP/SAUL LOEB

Washington akan Cabut Mayoritas Pembatasan Covid-19 pada 21 Mei

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 11 Mei 2021, 09:42 WIB
Angka kasus covid-19 di Washington turun menjadi hingga satu digit per 100 ribu orang sejak mencapai puncaknya pada Januari yang berjumlah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya