Rabu 07 April 2021, 20:44 WIB

Iran Tanggapi Kapalnya Diserang di Laut Merah

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Tanggapi Kapalnya Diserang di Laut Merah

Antara/Hafidz Mubarak A.
Kapal perang Iran Naghdi berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

KAPAL barang Iran mengalami ledakan di Laut Merah, Teheran. Ini setelah media AS melaporkan Israel telah menyerang kapal itu sebagai pembalasan atas serangan Iran sebelumnya terhadap kapal negeri Yahudi itu.

Iran dengan susah payah menekankan bahwa kapal barang itu merupakan milik sipil. Tapi sumber lain mengatakan kapal itu telah digunakan oleh pasukan komando Iran sebagai pangkalan untuk perlindungan pengiriman dan tugas lain di daerah itu.

Ledakan itu terjadi pada waktu yang sensitif ketika Presiden AS Joe Biden berupaya menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 dengan Iran yang sangat ditentang oleh Israel dan ditinggalkan oleh pendahulunya Donald Trump pada 2018.

"Ledakan terjadi di kapal komersial Iran MV Saviz di lepas pantai Djibouti pada Selasa (6/4) pagi," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Said Khatibzadeh. Ia menambahkan penyelidikan telah dibuka untuk mengetahui penyebabnya.

 
Kecelakaan itu tidak menimbulkan korban dan penyelidikan teknis sedang dilakukan untuk menentukan keadaan dan asalnya," kata juru bicara itu. "Negara kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan melalui badan-badan internasional dalam hal ini."

Khatibzadeh mengatakan, Saviz merupakan kapal sipil yang telah dikerahkan dalam koordinasi dengan Organisasi Maritim Internasional untuk melindungi pengiriman di Laut Merah dan Teluk Aden. Banyak pemerintah asing telah menempatkan kapal pelindung di daerah itu sejak rentetan serangan oleh perompak Somalia antara 2000 sampai 2010.

"Kapal ini telah berfungsi sebagai stasiun logistik Iran untuk dukungan teknis dan logistik di Laut Merah," tambah juru bicara itu. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Abdullah Hammam.

Negara Barat Serukan Rakyat Suriah Boikot Pilpres

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 18 April 2021, 21:01 WIB
Pada pertengahan Maret lalu, Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Linda Thomas-Greenfield, mengimbau masyarakat internasional...
AFP/Louai Beshara.

Pilpres Suriah Ditetapkan 26 Mei, Assad Kemungkinan Tetap Bertahta

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 18 April 2021, 20:47 WIB
Pemungutan suara akan menjadi yang kedua sejak konflik meletus pada Maret...
AFP/Kepresidenan Suriah.

Lini Masa 10 Tahun Perang Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 18 April 2021, 20:22 WIB
Kelompok Jihadis Negara Islam (IS) memproklamasikan kekhalifahan pada Juni 2014 di wilayah Suriah dan Irak yang telah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jalan Tol dan PKT untuk Ekonomi yang Lebih Baik

Pembangunan jalan tol sejatinya berpengaruh terhadap roda perekonomian bahkan sejak mulai tahap perencanaan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya