Minggu 28 Maret 2021, 10:46 WIB

Iran dan Tiongkok Teken Pakta Kerja Sama selama 25 Tahun

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Iran dan Tiongkok Teken Pakta Kerja Sama selama 25 Tahun

AFP/-.
Menterilui Iran Mohammad Javad Zarif (kanan) dan Menlu Tiongkok Wang Yi dalam penandatanganan perjanjian, Teheran, Sabtu (27/3).

 

IRAN dan Tiongkok menandatangani pakta kerja sama strategis selama 25 tahun pada Sabtu (27/3). Ini merupakan ekspansi terbaru dari Belt and Road Initiative andalan Beijing yang bernilai triliunan dolar saat kedua saingan Amerika Serikat itu semakin akrab.

Negosiasi untuk kesepakatan itu, yang diluncurkan lima tahun lalu, memicu kontroversi di Iran tahun lalu dan hampir tidak ada rincian yang dirilis. Tiongkok ialah mitra dagang utama Iran dan merupakan salah satu pembeli terbesar minyak Iran sebelum Presiden AS Donald Trump menerapkan kembali sanksi sepihak pada 2018 setelah meninggalkan perjanjian nuklir multilateral dengan Teheran.

Pakta Tiongkok-Iran, yang Teheran katakan termasuk komponen politik, strategis, dan ekonomi, ditandatangani oleh menteri luar negeri kedua negara, Wang Yi dan Mohammad Javad Zarif, seorang koresponden AFP melaporkan. "Kami yakin dokumen ini bisa sangat efektif dalam memperdalam hubungan Iran-Tiongkok," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh.

Pakta tersebut pertama kali diusulkan selama kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Teheran pada Januari 2016. Xi dan mitranya dari Iran, Hassan Rouhani, kemudian menetapkan peta jalan untuk investasi timbal balik di bidang transportasi, pelabuhan, energi, industri, dan jasa.

"Pemerintah Iran dan rakyat sedang berjuang karena mereka selalu harus memperluas hubungan dengan negara-negara independen yang dapat dipercaya seperti Tiongkok," kata pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei pada saat itu. Ia menggambarkan perjanjian kerja sama yang diusulkan merupakan hal yang benar dan masuk akal.

Xi telah memperjuangkan Belt and Road Initiative sebagai rencana untuk mendanai proyek infrastruktur dan meningkatkan pengaruh Tiongkok di luar negeri. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Korea Selatan Catat Kasus Harian Covid-19 Tertinggi

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:19 WIB
KOREA Selatan kembali mencatat jumlah kasus harian covid-19 tertinggi pada Minggu...
INDRANIL MUKHERJEE / AFP

India Catat Kasus Harian Covid-19 Lebih dari 330.000

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 23 Januari 2022, 19:31 WIB
India melaporkan 333.533 infeksi baru covid-19 selama 24 jam terakhir dengan 525 orang...
AFP.

Badan Bantuan MSF Kecam Koalisi Saudi Serang Penjara Yaman

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 18:50 WIB
Kelompok hak asasi telah lama mengkritik koalisi atas korban sipil dalam pengeboman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya