Selasa 09 Maret 2021, 21:20 WIB

Sanksi AS Persulit Suriah kembali ke Liga Arab

Mediaindonesia.com | Internasional
Sanksi AS Persulit Suriah kembali ke Liga Arab

AFP/Delil Souleiman.
Seorang wanita Suriah bersama anak-anaknya saat berada di area komersial di kota Qamishli di timur laut Suriah, Selasa (9/3).

 

UNI Emirat Arab menilai sanksi keras AS terhadap Suriah yang dilanda perang membuat Damaskus lebih sulit untuk kembali ke Liga Arab.

Melalui Undang-Undang Caesar, undang-undang yang berlaku pada Juni tahun lalu, Amerika Serikat berharap dapat mencegah upaya rekonstruksi atau normalisasi perdagangan tanpa pertanggungjawaban atas kekejaman Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Menteri Luar Negeri Emirat Sheikh Abdullah bin Zayed mengatakan bahwa meskipun upaya dibutuhkan oleh Suriah dan blok Liga Arab, tantangan terbesar yang dihadapi saat ini untuk berkoordinasi dan bekerja dengan Suriah yakni Undang-Undang Caesar.

"Dengan mempertahankan Undang-Undang Caesar seperti sekarang membuat jalan ini sangat sulit, tidak hanya bagi kita sebagai bangsa, tetapi juga untuk sektor swasta," tambahnya saat konferensi pers dengan mitranya dari Rusia, Sergei Lavrov, Selasa (9/3). "Itu termasuk masalah yang menjadi bagian dari dialog yang harus ditangani secara jelas dengan teman-teman kami di Amerika Serikat."

 

Konflik Suriah, yang dipicu oleh penindasan brutal terhadap protes antipemerintah pada 2011, telah menewaskan lebih dari 380.000 orang dan membuat jutaan orang mengungsi. Suriah diskors dari blok Liga Arab yang beranggotakan 22 orang pada November 2011 karena jumlah korban tewas meningkat.

Beberapa kekuatan regional menangguhkan hubungan diplomatik dengan Damaskus sampai rezim Assad diganti. UEA dan Bahrain membuka kembali misi diplomatik mereka di ibu kota Suriah pada Desember 2018. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Brendan Smialowski.

Negosiator AS: Peluang Kegagalan Kesepakatan Nuklir Iran Lebih Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 17:30 WIB
Amerika Serikat akan menolak tuntutan yang melampaui cakupan JCPOA, nama resmi untuk Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (Joint...
AFP/Atta Kenare.

Satu Orang Tewas dalam Kecelakaan Unit Penelitian Pertahanan Iran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 16:45 WIB
Kementerian pertahanan Iran mengatakan sedang menyelidiki peristiwa di unit penelitian di daerah Parchin, tenggara ibu kota...
AFP/Atta Kenare.

Israel Akui Berada di Balik Pembunuhan Kolonel Iran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 16:30 WIB
Ribuan orang menghadiri pemakaman Khodai pada Selasa di Teheran tengah. Doa pemakaman dipimpin oleh imam utama ibu kota dan peti mati...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya