Kamis 04 Maret 2021, 18:15 WIB

Rusia Klaim Mampu Siapkan Sputnik V bagi 50 Juta Orang Eropa

Nur Aivanni | Internasional
Rusia Klaim Mampu Siapkan Sputnik V bagi 50 Juta Orang Eropa

AFP
Sputnik V, vaksin Covid-10 produksi Rusia.

 

PEMERINTAH Rusia mengatakan bisa menyediakan vaksin virus korona Sputnik V untuk 50 juta orang Eropa mulai Juni, Kamis (4/3). Itupun jika disetujui oleh European Medicines Agency (EMA).

Pada Kamis pagi, pengawas obat-obatan Uni Eropa itu mengatakan telah memulai tinjauan bergulir terhadap Sputnik V. Itu merupakan langkah kunci menuju persetujuan untuk penggunaan vaksin di 27 negara Uni Eropa.

"Setelah persetujuan EMA, kami akan dapat menyediakan vaksin untuk 50 juta orang Eropa mulai Juni 2021," kata Kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) Kirill Dmitriyev dalam sebuah pernyataan.

Pengumuman EMA yang mengatakan telah memulai peninjauan vaksin Rusia datang ketika Brussels menghadapi kritik karena lambatnya peluncuran vaksinasi massal setelah terhambat oleh masalah pasokan.

Pengumuman itu juga selangkah lebih dekat untuk kemenangan bagi Moskow, yang berharap mendapatkan pengaruh geopolitik melalui vaksin.

Beberapa negara anggota UE, termasuk Jerman dan Spanyol, telah mengatakan dalam beberapa pekan terakhir bahwa mereka akan tertarik pada Sputnik V jika itu disetujui.

Rusia menyetujui vaksin tersebut pada Agustus lalu sebelum uji klinis dalam skala besar, yang memicu kekhawatiran di antara beberapa ahli di dalam dan luar negeri atas proses jalur cepat tersebut.

Tetapi jurnal medis terkemuka The Lancet bulan lalu mempublikasikan hasil yang menunjukkan bahwa vaksin itu aman dan lebih dari 90 persen efektif.

RDIF, yang membantu mendanai pengembangan Sputnik V, pada Kamis mengatakan bahwa 42 negara telah mendaftarkan vaksin tersebut.

Pekan lalu, Kremlin mengatakan bahwa Rusia dan Austria telah sepakat untuk membicarakan pengiriman dan produksi bersama Sputnik V. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Rusia Klaim Vaksin Sputnik V Lebih Dari 90% Efektif

Baca Juga

AFP

Kasus Covid-19 Melonjak, Turki Berlakukan Lockdown Sebagian

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 14 April 2021, 13:23 WIB
Presiden Turki Tayyip Erdogan mengumumkan pengetatan pembatasan untuk mengekang peningkatan kasus Covid-19 selama dua minggu...
AFP/AL AS.

Pemerintah AS akan Lanjutkan Penjualan Senjata ke UEA

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 14 April 2021, 13:22 WIB
Sebelumnya, Pemerintah AS menghentikan sementara kesepakatan yang disetujui oleh mantan Presiden Donald Trump untuk...
AFP/Ozan KOSE

Selama Ramadan, Turki Perketat Pembatasan Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 14 April 2021, 11:43 WIB
Penambahan 59.187 kasus baru dan 273 kematian yang dilaporkan pada Selasa (13/4) merupakan yang tertinggi sejak pandemi mencapai Turki,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya