Senin 18 Januari 2021, 15:06 WIB

Cegah Serangan Internal, Ribuan Pasukan Garda Nasional Diperiksa

Nur Aivanni | Internasional
Cegah Serangan Internal, Ribuan Pasukan Garda Nasional Diperiksa

AFP
Pasukan Garda Nasional saat berpatroli di wilayah Washington DC, Amerika Serikat.

 

FBI memeriksa 25.000 pasukan Garda Nasional yang tiba di Washington DC untuk pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden. 

Upaya itu dilakukan di tengah kekhawatiran adanya serangan dari orang dalam. Sekretaris Militer Ryan McCarthy menyebut para komandan telah diperingatkan untuk mewaspadai potensi masalah dari pasukan Garda Nasional. 

Anggota Garda Nasional, lanjut dia, sedang dilatih untuk mengidentifikasi potensi ancaman orang dalam. "Kami terus melalui proses dan mengambil pandangan berlapis pada setiap individu yang ditugaskan dalam operasi ini," ujar McCarthy dalam sebuah wawancara.

Baca juga: Biden Berjanji Persatukan Amerika Serikat

Sejauh ini, pihaknya belum melihat bukti dari ancaman tersebut. Pun, sejumlah pejabat yang melakukan pemeriksaan tidak menemukan tanda khusus.

Adapun peringatan muncul setelah upaya peredaman aksi protes di seluruh negeri hanya melibatkan sedikit pasukan bersenjata. Padahal, demonstrasi telah direncanakan.

Menyusul pemberontakan pro-Trump di Capitol pada 6 Januari, gubernur di banyak negara bagian telah memobilisasi garda nasional dan mendirikan pagar di sekitar gedung pemerintah. Bahkan, dalam beberapa kasus membatalkan bisnis resmi.

Baca juga: FBI Peringatkan Protes Bersenjata Jelang Pelantikan Biden

Satu-satunya kelompok sayap kanan yang terlihat dalam aksi protes adalah mereka yang pertama kali mendorong acara tersebut. Anggota 'Boogaloo Bois', gerakan ekstremis pro-senjata dan anti-pemerintah.

Mereka berupaya menggulirkan aksi protes di 50 negara bagian, namun sulit terwujud. Adapun di beberapa negara bagian, mereka tidak mampu mengumpulkan massa dalam jumlah signifikan.

Proses pemeriksaan Garda Nasional dimulai ketika pasukan pertama mulai dikerahkan ke Washington DC sekitar pekan lalu.(Guardian/OL-11)

Baca Juga

DAVID ROWLAND / AFP

Auckland Kembali Lakukan Penguncian Wilayah

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:23 WIB
Pembatasan terbaru di Auckland tersebut akan berlangsung setidaknya tujuh hari dan terjadi kurang dari dua minggu setelah penutupan tiga...
AFP

Iran Sebut Serangan AS di Suriah Picu Terorisme di Kawasan

👤Ant 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:00 WIB
Serangan udara AS menarget fasilitas milik kelompok milisi yang berada di Suriah bagian Timur, perbatasan...
AFP

Temuan Kasus Korona, PM Selandia Baru Terapkan Lockdown di Aucklan

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 19:20 WIB
Selandia Baru telah dipuji secara luas atas penanganan pandeminya, dengan hanya 25 kematian dalam populasinya sebanyak lima juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya