Jumat 11 Desember 2020, 19:20 WIB

Normalisasi Hubungan dengan Israel, Maroko Dijanjikan Sahara Barat

Mediaindonesia.com | Internasional
Normalisasi Hubungan dengan Israel, Maroko Dijanjikan Sahara Barat

Debbie Hill and Laudes Martial Mbon
.

 

DUA pengumuman disampaikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Kamis (10/12), tentang normalisasi hubungan antara Maroko dan Israel serta pengakuan AS atas kedaulatan Maroko terhadap Sahara Barat. Raja Maroko dan PM Israel menyambut pengumuman tersebut.

Setelah Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan, Maroko menjadi negara Arab keempat sejak Agustus yang berkomitmen menjalin hubungan diplomatik dengan negara Yahudi tersebut.

Sahara Barat merupakan bekas koloni Spanyol yang disengketakan. Sebagian besar wilayah tersebut di bawah kendali Maroko. Tapi ada ketegangan dengan Front Polisario yang ingin kemerdekaan daerah tersebut sejak 1970-an.

Dalam pernyataan Istana Kerajaan, Raja Maroko Mohammed VI mengonfirmasi negaranya akan melanjutkan kontak resmi dan hubungan diplomatik dengan Israel, dua dekade setelah kedua negara menutup kantor penghubung.

Dia mengatakan langkah-langkah ini sama sekali tidak memengaruhi komitmen Maroko yang terus dan berkelanjutan untuk perjuangan Palestina. Ia menegaskan kembali komitmen Rabat terhadap solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.

Dia juga mengirimkan ucapan terima kasih yang tulus kepada presiden AS atas keputusannya untuk mengakui kedaulatan Rabat atas Sahara Barat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji perjanjian normalisasi sebagai bersejarah dan mengantisipasi penerbangan langsung antara negaranya dan Maroko dalam waktu dekat.

"Kami akan segera melanjutkan kantor penghubung antara Israel dan Maroko serta bekerja secepat mungkin untuk membangun hubungan diplomatik penuh," katanya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Yuri Kadobnov

Rusia Laporkan Kasus Varian Baru Covid-19 Lebih Menular dari Delta

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 19:42 WIB
Ada kemungkinan bahwa varian AY42 akan menyebar...
AFP

Inggris-Selandia Baru Capai Perjanjian Perdagangan Bebas

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 19:02 WIB
Kesepakatan dagang yang tercapai setelah proses negosiasi 16 bulan, bertujuan mengurangi beban tarif dan meningkatkan perdagangan jasa...
AFP/Emmanuel Dunand.

Israel Anggarkan Rp21,3 Triliun untuk Persiapan Serang Nuklir Iran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 14:55 WIB
Anggaran NIS 5 miliar terdiri dari NIS 3 miliar dari anggaran sebelumnya dan tambahan NIS 2 miliar dari anggaran berikutnya yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya