Rabu 28 Oktober 2020, 07:43 WIB

Kazakhstan Adopsi Slogan Borat untuk Promosi Pariwisata

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kazakhstan Adopsi Slogan Borat untuk Promosi Pariwisata

Kazakh Tourism
Iklan pariwisata yang menggunakan slogan dari film Borat produksi Badan Pariwisata Kazakhstan.

 

KAZAKHSTAN melarang film Borat pertama karena mengejek negara itu. Namun, kini, negara itu menggunakan slogan film yang dibintangi komedia Sacha Baron Cohen itu, 'Very Nice!', dalam kampanye pariwisata mereka.

Karakter fiksi, reporter yang misoginis, rasis, dan homofobia Borat Sagdiyev kembali ke layar lebar pada bulan ini dalam film sekuel dari film pertama yang dirilis pada 2006.

Film Borat pertama memancing kemarahan di Kazakhstan, yang menurut Baron Cohen dia pilih sebagai negara asal Borat karena negara itu tidak dikenal oleh warga Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Hamas Bebaskan Aktivis Palestina yang Komunikasi dengan Israel

Namun, kali ini, ketimbang mengecam karakter fiksi berkumis itu, Kazakhstan berusaha menggunakan ketenaran film itu untuk menarik wisatawan.

Serangkaian iklan pendek yang dirilis Badan Pariwisata Kazakhstan di Youtube memperlihatkan turis menikmati keindahan negara di Asia Tengah itu sembari mengatakan slogan Borat, 'Very Nice!'.

"Pasti ada acara untuk mengambil keuntungan dari semua perhatian pada film itu," ujar Dennis Keen, warga AS yang berada di balik ide kampanye itu.

Keen yang tinggal dan bekerja di kota kedua terbesar di Kazakhstan, Almaty, mengatakan slogan Borat sangat menarik sehingga dia memutuskan menyarankan hal itu kepada Badan Pariwisata Kazakhstan.

"Mereka sangat antusias dan segalanya berjalan dengan cepat," ungkap Keen.

Setelah mengetahui slogannya digunakan oleh Badan Parisiwata Kazakhstan, Baron Cohen, dalam wawancara dengan New York Times, mengatakan bahwa negara yang diciptakannya untuk Borat adalah 'negara palsu yang liar dan lucu'.

"Kazakhstan yang asli adalah negara yang indah dengan masyarakat modern yang apik. Mereka adalah kebalikan dari versi di Borat," ungkapnya. (AFP/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

AFP/Saul Loeb

Joe Biden Harapan Kerja Sama Dagang AS dan Uni Eropa

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:15 WIB
Harapan itu disampaikan EU karena AS selama empat tahun di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump memberlakukan tarif/bea masuk terhadap...
AFP/Fabrice COFFRINI

WHO Imbau Penggunakan Masker Universal Hingga di Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:19 WIB
Harus menggunakan masker di luar ruangan jika jaga jarak fisik tidak dapat...
AFP

Vaksin Covid-19 Pfizer Digunakan di Inggris Pekan Depan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:15 WIB
Imunisasi dapat dimulai dalam beberapa hari ke depan bagi warga yang paling membutuhkan, seperti lansia dan pasien yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya