Senin 10 Agustus 2020, 12:59 WIB

Menteri Kesehatan AS Bertemu Presiden Taiwan

Basuki Eka Purnama | Internasional
Menteri Kesehatan AS Bertemu Presiden Taiwan

AFP/Pei Chen
Menteri Kesehatan AS Alex Azar (kiri) memberikan keterangan pers disaksikan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

 

MENTERI Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar bertemu Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Senin (10/8), dalam pertemuan antara pejabat tertinggi AS dengan otoritas Taiwan sejak 'Negeri Paman Sam' memindahkan pengakuan diplomatiknya kepada Tiongkok pada 1979.

Azar berada di Taipei dalam lawatan selama tiga hari untuk membahas kesamaan demokrasi dan mempelajari kesuksesan Taiwan mengatasi covid-19.

Lawatan itu dilakukan saat hubungan AS dan Tiongkok tengah bergejolak setelah kedua negara berselisih di berbagai bidang mulai dari perdagangan, militer, serta pandemi covid-19.

Baca juga: Hartawan Prodemokrasi Hong Kong Ditangkap Berdasarkan UU Keamanan

Tiongkok yang bersikeras bahwa Taiwan adalah bagian dari wilayah mereka menyebut kunjungan Azar itu sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas.

Pada Senin (10/8) pagi, Azar bertemu Tsai yang terus berupaya agar Taiwan diakui sebagai negara berdaulat.

"Tanggapan Taiwan terhadap covid-19 adalah salah satu yang paling sukses di dunia. Hal itu terjadi karena sikap masyarakat dan budaya Taiwan yang terbuka, transparan, dan demokratis," ujar Azar.

Tsai kemudian berterima kasih kepada AS yang mendukung Taiwan untuk menjadi anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Upaya itu selalu ditentang Tiongkok.

"Masalah politik tidak boleh melanggar hak mendapatkan kesehatan," tegas Tsai sembari menyebut sikap Beijing yang menolak Taiwan bergabung dengan WHO sangat disayangkan.

Taiwan merupakan contoh sukses penanganan covid-19 karena program pelacakan serta pengendalian perbatasan yang ketat.

Meski berada dekat Tiongkok, Taiwan hanya mencatatkan 500 infeksi covid-19 dan tujuh kematian. Hal itu bertolak belakang dengan AS yang mencatatkan angka kematian akibat covid-19 terbanyak di dunia dengan lebih dari 160 ribu kematian. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Ist

Brisbane tidak Lagi Haruskan Bermasker di Dalam Ruangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Januari 2021, 22:30 WIB
Pelonggaran pembatasan ditetapkan setelah otoritas kesehatan melakukan pelacakan kontak terhadap 1.200 orang dan memastikan bahwa tidak ada...
AFP PHOTO / Daniel LEAL-OLIVAS

Picu Perselisihan, Inggris Raya Tolak Status Diplomat Penuh UE

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Januari 2021, 22:00 WIB
Uni Eropa mempunyai 143 delegasi di seluruh dunia, dan mereka setara dengan misi diplomatik. Semuanya diberikan status diplomatik penuh...
AFP/Denis Charlet

Google Sepakat Bayar Hak Cipta Berita ke Media Prancis

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 21 Januari 2021, 21:41 WIB
Kesepakatan yang ditandatangani dengan aliansi APIG dari harian Prancis melibatkan hak bertetangga, yang menyerukan pembayaran untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya