Rabu 29 Juli 2020, 07:52 WIB

Separuh Warga di Daerah Kumuh Mumbai Tertular Covid-19

Basuki Eka Purnama | Internasional
Separuh Warga di Daerah Kumuh Mumbai Tertular Covid-19

AFP/INDRANIL MUKHERJEE
Petugas menyata data warga yang akan melakukan tes swab di Mumbai, India.

 

LEBIH dari separuh warga yang tinggal di wilayah kumuh Mumbai pernah menderita covid-19. Hal itu terungkap dalam penelitian yang dibiayai pemerintah kota di India itu yang dirilis pada Selasa (28/7).

India merupakan negara ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat (AS) dan Brasil, dalam angka kasus covid-19.

India mencatatkan hampir 1,5 juta kasus covid-19. Namun, minimnya pengujian membuat angka itu diduga masih bisa lebih tinggi lagi.

Tes darah pada 6.936 warga yang dilakukan secara acak di Mumbai menemukan bahwa 57% penghuni wilayah kumuh dan 16% warga yang tidak tinggal di wilayah kumuh memiliki antibodi covid-19.

Baca juga: WHO Tegaskan Pandemi Covid-19 Hanya Satu Gelombang Besar

Mumbai yang sekitar 40% warganya tinggal di wilayah kumuh telah melaporkan lebih dari 110 ribu kasus covid-19 dan lebih dari 6 ribu kematian.

Kota berpenduduk 20 juta jiwa itu merupakan lokasi wilayah kumuh terbesar di India, Dharavi, tempat sekitar 1 juta orang tinggal.

Namun, kematian akibat covid-19 di daerah kumuh itu tidak meledak dengan pejabat setempat mengatakan upaya agresif mereka efektif dalam menghadapi covid-19.

Hasil survei itu bisa disimpulkan mayoritas infeksi covid-19 yang ada tidak menunjukkan gejala dan angka kematian akibat virus korona sangat rendah. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Parlemen Korut Siap Setujui Agenda Kim Jong-un

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 15:48 WIB
Sebelum mengadakan sidang, pejabat tinggi parlemen Korut bahkan meletakkan bunga di patung kakek dan ayah Kim sebagai bentuk...
AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER

Kekhawatiran pada Vaksin Pfizer-BioNTech di Norwegia Meningkat

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 12:55 WIB
Kekhawatiran yang meningkat atas vaksin pfizer-biontech lantaran beberapa lansia meninggal akibat mendapati efek samping dari vaksin...
AFP/ODD ANDERSEN

Armin Laschet Terpilih sebagai Pemimpin Partai CDU Jerman

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 11:20 WIB
Ia telah mengalahkan salah satu rivalnya Friedrich Merz dengan memperoleh 521 suara berbanding 466 suara dalam pemilihan putaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya