Jumat 27 September 2019, 09:14 WIB

Mantan Presiden Prancis Jacques Chirac Wafat

Melalusa Susthira K | Internasional
Mantan Presiden Prancis Jacques Chirac Wafat

AFP/Geoffroy Van Der Hasselt
Masyarakat menyampaikan duka cita atas meninggalnya mantan Presiden Prancis Jacques Chirac

 

MANTAN Presiden Prancis Jacques Chirac meninggal dunia di usia 86 tahun. Hal itu diumumkan oleh menantunya, Frederic Salat-Baroux, yang mengatakan Chirac wafat di kediamannya, di Paris.

"Presiden Jacques Chirac meninggal pagi ini dikelilingi oleh keluarganya dengan damai," ujar Frederic kepada AFP, Kamis (26/9).

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan hari berkabung nasional akan dilangsungkan Senin (30/9), ketika misa akan diadakan di gereja Saint-Sulpice di Paris. Macron memuji Chirac karena memimpin Prancis merdeka dan penuh kebanggaan, yang mampu bangkit melawan intervensi militer yang tidak adil.

"Kami orang Prancis telah kehilangan seorang negarawan yang sangat kami cintai seperti ia mencintai kami," kata Macron dalam pidatonya kepada bangsa dari Istana Elysee.

Chirac diakui sebagai pejuang politik yang cerdik, sekalipun oleh lawan politiknya. Ia menjabat dua periode sebagai perdana menteri Prancis, yakni pada 1974-1976 dan 1986-1988. Selain itu, Chirac juga pernah menjabat sebagai walikota Paris dari 1977-1995.

Baca juga: Aksi Penusukan Massal di Prancis, Satu Tewas dan Delapan Terluka

Ia menjadi presiden pasca-perang terlama kedua di Prancis setelah pendahulunya Francois Mitterrand. Di panggung internasional, Chirac akan dikenang karena dengan vokal menentang perang Irak pada 2003, yang membuat Amerika Serikat berang.

Chirac kehilangan imunitasnya presidensialnya setelah tersandung kasus penggelapan dan penyalahgunaan dana publik. Ia lantas menjadi mantan kepala negara pertama yang diadili pada 2011 dan dijatuhi hukuman penjara.

"Dia adalah seseorang dengan catatan yang beragam," ujar sejarawan politik dan penulis Prancis, Jean Garrigues, kepada AFP.

Chirac jarang terlihat di depan umum dalam beberapa tahun terakhir dan telah lama diketahui menderita kesehatan yang buruk. Ia diketahui menderita stroke pada 2005 dan menjalani operasi ginjal pada Desember 2013.

Sementara itu, operator Menara Eiffel mengatakan lampu akan dimatikan mulai 1900 GMT sebagai bentuk penghormatan atas wafatnya sang mantan presiden tersebut.(AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli

Israel Hancurkan Tangga Bersejarah Masjid Al-Aqsa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 03 Desember 2020, 23:03 WIB
Pemerintah pendudukan Israel di Yerusalem tidak mengomentari pembongkaran...
AFP/Karim Sahib

Uni Emirat Arab Luncurkan Visa Turis untuk Warga Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 03 Desember 2020, 22:43 WIB
Langkah tersebut termasuk sementara sampai kesepakatan pembebasan visa bersama...
AFP/Cristian Hernandez

Menlu Iran Desak Biden Akhiri Perilaku Nakal Amerika

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 03 Desember 2020, 22:34 WIB
Ketegangan lama AS-Iran selama puluhan tahun meningkat setelah Trump secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya