Kamis 09 Maret 2023, 15:22 WIB

Kepala BNPB: Segera Pulihkan Jaringan Telekomunikasi di Natuna

Atalya Puspa | Humaniora
Kepala BNPB: Segera Pulihkan Jaringan Telekomunikasi di Natuna

Antara/Teguh Prihatna
Sejumlah petugas SAR gabungan melakukan proses evakuasi jenazah korban tertimpa longsor di Kampung Molon, Desa Pangkalan, Serasan, Natuna

 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengintruksikan seluruh pihak terkait untuk segera memulihkan jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak bencana tanah longsor Natuna.

Hal itu wajib dilakukan karena telekomunikasi merupakan hal yang sangat vital dan dibutuhkan dalam seluruh proses tanggap darurat bencana.

“Komunikasi ini sangat vital. Saya sudah perintahkan. Karena satgas sudah terbentuk, Pak Bupati menjadi komandan satgas. Wakilnya Pak Dandim dan Pak Kapolres. Saya minta ini membereskan masalah komunikasi. Mengintegrasikan semua sarana komunikasi yang ada,” jelas Suharyanto dalam keterangan resmi, Kamis (9/3).

Baca juga: Seratus Keluarga Korban Longsor Natuna akan Direlokasi

Di samping itu, Suharyanto juga berharap kepada jejaring radio lokal seperti RAPI atau ORARI dapat membantu permasalahan jaringan telekomunikasi di sana. Sehingga komunikasi antar wilayah di dalam satu pulau tersebut dapat terhubung.

“Kalau ada komunikasi lokal seperti RAPI dan ORARI itu juga bisa digunakan agar lebih bagus lagi,” kata Suharyanto.

Baca juga: Evakuasi Jenazah Korban Longsor Serasan

Di sisi lain, Suharyanto juga meminta seluruh stakeholder dapat mendukung pemulihan jaringan telekomunikasi di lokasi terdampak.

Wilayah Pulau Serasan sebelumnya mendapatkan layanan sinyal telekomunikasi dari dua provider nasional.  Kepala BNPB berharap agar kedua penyedia jaringan itu dapat segera melakukan upaya perbaikan agar komunikasi dapat kembali pulih. 

“Sinyal ini bisa koordinasi dengan XL dan Telkomsel, ya kalau di sini. Mudah-mudahan komunikasi lebih lancar,” jelas Suharyanto.

"Harus segera. Kalau bisa hari ini sudah clear,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, sejak hari pertama terjadi bencana tanah longsor di Pulau Serasan, jaringan komunikasi di wilayah itu turut terdampak. Hal itu berdampak pada upaya percepatan rangkaian proses penanganan darurat, mulai dari pelaporan data dan informasi, koordinasi transportasi logistik pengiriman barang dan personel serta koordinasi alat angkut jenis helikopter yang memang disiagakan oleh BNPB untuk penanganan darurat di Serasan. (Z-11)

 

Baca Juga

MI/RAMDANI

Ini Delapan Zat Gizi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 31 Maret 2023, 08:00 WIB
Asam folat akan membantu pembentukan sel darah merah dan memelihara pertumbuhan serta perkembangan janin termasuk susunan saraf pusat pada...
ANTARA/Reno Esnir

Thrifting Bawa Petaka bagi Industri Tekstil Lokal

👤Imam Fachdrian Rachmat 🕔Jumat 31 Maret 2023, 07:45 WIB
Banyaknya masyarakat yang melakukan thrifting justru membuat industri tekstil...
Dok. i3L

Ilmu Biomedis Diprediksi Jadi Ilmu Favorit di Masa Depan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 31 Maret 2023, 03:04 WIB
ilmu biomedis menjadi salah satu ujung tombak industri kesehatan dalam penemuan terapi baru untuk menyembuhkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya