Kamis 19 Januari 2023, 22:05 WIB

Biaya Masyair Turun, DPR: Nego Alot, Seperti Nawar Harga Bawang

Dinda Shabrina | Humaniora
Biaya Masyair Turun, DPR: Nego Alot, Seperti Nawar Harga Bawang

MI/Susanto
Prosesi wukuf di Arafah

 

SATU kabar baik mengenai penyelenggaraan haji tahun ini adalah turunnya biaya layanan masyair ( transportasi dan akomodasi jemaah dari Makkah ke Arafah) sekitar 1.020 SAR atau Rp4,1 juta.

Diketahui tarif layanan masyair pada musim haji tahun lalu ialah sebesar 5.656,87 SAR atau sekitar Rp22 juta-Rp24 juta per jemaah.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi mengapresiasi kebijakan Kerajaan Arab Saudi yang mau menurunkan biaya masyair tersebut. Meskipun, penurunannya tidak sebesar yang diharapkan.

“Sebenarnya saran kami pada waktu itu, minimal turunnya 50%. Bahkan kalau bisa sampai 2.500 SAR,” ucap Ashabul, dalam Rapat Kerja Bersama Kementerian Agama, Kamis (19/1).

Berita terkait : menteri-agama-usulkan-ongkos-haji-rp69-juta-per-orang

Berita terkait : komnas-haji-durasiibadah-haji-bisa-dipersingkat-untuk-tekanbiaya

Ia menyebutkan jika negosiasi penurunan biaya masyair haji dengan Kerajaan Arab Saudi yang dilakukan beberapa waktu lalu memang alot. “Waktu itu, kita melakukan negosiasi seperti kita menawar harga bawang di pasar,” imbuhnya.

Kepada DPR, Kementerian Agama resmi mengusulkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler tahun 2023 sebesar Rp98.893.909,11.

Dari jumlah ini, yang akan dibebankan kepada jemaah adalah sebesar 70% atau sebesar Rp69,19 juta dan 30% sisanya diambil dari nilai manfaat dana haji. Sebelumnya, pada 2022 jemaah harus membayar Bipih senilai Rp 39,89 juta.

“Tahun ini kami mengusulkan living coast jemaah haji dibayarkan sebesar SAR.1000, dengan pertimbangan jemaah sudah mendapatkan layanan akomodasi, konsumsi dan transportasi selama berada di Arab Saudi,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (H-2)

Baca Juga

Dok. UNJ

14 Prodi Pascasarjana UNJ Masuk Daftar Tujuan Beasiswa LPDP 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 12:07 WIB
"Bagi masyarakat yang ingin melanjutkan studi di Pascasarjana UNJ dapat juga memanfaatkan program beasiswa dari LPDP," ujar...
Antara

BMKG Ingatkan Pemda Waspadai Karhutla

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:46 WIB
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengingatkan pemerintah daerah untuk mewaspadai dan...
Ist

Portal I-LEAD ICEL Penting sebagai Aktualisasi Demokrasi Lingkungan di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:58 WIB
KLHK terus berusaha untuk melengkapi upaya dalam proses penanganan lingkungan dengan berbasis pada scientifc sensing dan evidence...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya