Senin 16 Januari 2023, 19:16 WIB

Cat Berbasis Bio Meningkatkan Kualitas Udara dalam Ruangan

mediaindonesia.com | Humaniora
Cat Berbasis Bio Meningkatkan Kualitas Udara dalam Ruangan

Ist
Cat dengan elemen tumbuhan mengurangi jejak karbon secara keseluruhan, tetapi juga menciptakan cat bertekstur matte yang tahan lama.

 

PENGGUNAAN cat tak bisa digunakan sembarangan dan harus pula memperhatikan lingkungan dan kesehatan dari penghuni rumah.

PT Mowilex Indonesia (Mowilex) menghadirkan jenis cat baru, Naturalle™, yakni cat dengan fprmula terobosan berbasis bio yang mengandung 28% bahan baku terbarukan dan menghilangkan formaldehida dari udara dalam ruangan.

Memproduksi Naturalle™ dengan elemen tumbuhan, tak hanya mengurangi jejak karbon secara keseluruhan, tetapi juga menciptakan cat bertekstur matte yang tahan lama, berkinerja tinggi yang minim bau, dan bebas senyawa VOC.atau Volatile organic compound.

Mowilex adalah pabrik pertama di Indonesia yang menawarkan cat berbasis bio yang berkelanjutan. Pengikat akrilik berbahan dasar air ini terbuat dari 28 persen bahan alami yang bersumber dari biji, serta batang dan rerumputan.

Pemanfaatan sumber nabati ini sama halnya dengan mengurangi polusi karena memangkas kebutuhan akan polimer yang berasal dari minyak bumi, dan meminimalisasi jejak karbon produk secara keseluruhan.

"Dengan memperdagangkan resin minyak bumi untuk alternatif nabati, Mowilex menciptakan cat dengan bau yang ekstra-minim, emisi rendah, dan bebas VOC," kata Yena Margono, Manajer Marketing Dow Coating Materials dalam keterangan pers, Senin (16/1).

Teknologi inovatif berbasis bio yang menopang Naturalle™ juga secara aktif meningkatkan kualitas udara di rumah dan perkantoran.

Seperti diketahui, bahan bangunan, produk pembersih, pernis, dan barang lainnya melepaskan formaldehida, polutan yang dapat mengiritasi mata dan hidung, memicu serangan asma, dan meningkatkan risiko kanker.

"Oleh Naturalle™, formaldehida tersebut diserap dan diubah menjadi uap air, yang secara permanen menghilangkan kontaminan dari udara dalam ruangan," jelas Yena.

Baca juga: Komitmen EIGER Adventure dan Lazada dalam Kampanye Sustainability

"Mowilex mengajukan sertifikasi Naturalle™ melalui program BioPreferred® dari USDA. Serangkaian pengujian sukarela dari pihak ketiga yang independen ini memastikan bahwa produk Naturalle™ telah memenuhi atau melampaui persyaratan minimum untuk material berbasis bio," jelasnya..

“Cat Naturalle™ kami diolah dari bahan yang sebagian besarnya adalah material nabati berkelanjutan. Pemanfaatan elemen terbarukan dibanding bahan mentah yang bersumber dari minyak nabati ini adalah salah satu upaya menurunkan jejak karbon produk," jelas Novina Tjahjadi, Kepala Riset dan Pengembangan Mowilex.

"Cat ini juga meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menghilangkan formaldehida, yang menawarkan solusi berkelanjutan untuk tantangan bersama,” ujar Novina.

“Emulsi akrilik berbasis bio PRIMAL™ RN Biobased dan Teknologi FORMASHIELD™ dari Dow Inc. tergabung dalam cat Naturalle™ dari Mowilex, menawarkan solusi berkelanjutan dan lingkungan yang lebih sehat sesuai standar pencegahan asma dan alergi,” kata Yena Margono, Manajer Marketing Dow Coating Materials.

Lebih lanjut ia menjelaskan, “Sebagai salah satu perusahaan kimia terkemuka di dunia, Dow Inc. bersemangat untuk menemukan solusi inovatif dan berkelanjutan, melalui upaya bersama dengan mitra kami.”

“Naturalle™ adalah cat terbarukan, berkinerja tinggi dengan kemampuan mengurangi formaldehida yang sangat baik. Kami sangat bersemangat menawarkan Naturalle™, dan hal itu semakin memperkuat posisi kami sebagai pemimpin keberlanjutan dan lingkungan di pasar ini,” kata Niko Safavi, CEO PT Mowilex Indonesia.

Dengan peluncuran Naturalle™, Mowilex menggarisbawahi komitmennya, baik terhadap keberlanjutan maupun kualitas produk premium. Cat Naturalle™ dapat diaplikasikan dengan mudah, menyebar dengan halus, dan menyembunyikan noda dan bercak kecil di permukaan.

Tekstur akhir matte-nya yang mewah mudah dibersihkan, sedangkan warna cat modernnya tak akan pudar dimakan waktu. Formula antijamur dan antibakteri yang terkandung di dalamnya pun tak mengandung timbal, merkuri, maupun logam berat lainnya. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

Dok. Daikin

Kunjungi Universitas Pamulang, Daikin Perkenalkan Inovasi dan Karir Di Industri Tata Udara

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:11 WIB
“Menginspirasi mahasiswa terkait industri solusi tata udara sebagai bagian persiapannya dalam memasuki dunia kerja menjadi tujuan...
AFP/Sergey Tryapitsyn

Hari Privasi Data Sedunia, Pengamat: Privasi Data Indonesia Terus Berkembang

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:03 WIB
UU PDP seharusnya tidak hanya menyasar swasta, tapi juga lembaga negara karena selama ini lembaga negara baik di pusat dan daerah...
Ist

Tren Perawatan Tubuh 2023 Didominasi Produk Pelindung 'Skin Barrier'

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:47 WIB
Pada 2023 diprediksi tren produk untuk perawatan kulit tubuh (body care) akan didominasi oleh pelembab tubuh yang dapat menghidrasi kulit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya