Senin 16 Januari 2023, 11:15 WIB

Posisi Tubuh yang Benar Bisa Bantu Cegah Cedera Saat Bersepeda

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Posisi Tubuh yang Benar Bisa Bantu Cegah Cedera Saat Bersepeda

ANTARA/Aprillio Akbar
Sejumlah warga bersepeda saat berlangsungnya hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta.

 

PERNAHKAH Anda merasa kaki atau badan pegal-pegal bahkan sakit usai bersepeda? Bisa jadi, hal itu karena posisi tubuh yang kurang tepat selama bersepeda. Hal itu dikatakan Country Manager Brompton Bicycle Indonesia Kevin Wijaya.

"Kadang, orang bisa pegal segala macem itu lebih karena dia menggunakan sepeda dengan cara yang salah. Jadi bukan karena dia bersepeda, tapi lebih ke arah dia enggak pemanasan atau posisi tubuh yang salah tapi dipaksakan," kata Kevin, dikutip Senin (16/1).

Agar tubuh Anda tetap dalam posisi yang baik selama bersepeda, Kevin menyarankan untuk memastikan tinggi sadel sejajar dengan pinggul.

Baca juga: Ini Tips Memilih Sepeda yang Tepat

Ketika Anda menduduki sadel dan kaki dapat menapak ke permukaan tanah dengan mudah, Anda perlu menaikkan sadel. Kemudian ketika proses mengayuh, pastikan lutut tidak terlalu tertekuk.

"Jadi, disarankan ketika sedang didudukin memang agak sedikit jinjit, tapi ketika gowes lututnya tidak terlalu tertekuk," ujarnya.

"Berasa kok nanti. Kalau kakinya terlalu menekuk pas lagi gowes, itu pasti gampang pegal," imbuh dia.

Selain memastikan tinggi sadel, menurut Kevin, Anda juga perlu menyesuaikan handlebar sepeda dengan tinggi badan Anda. Jika tubuh Anda tidak terlalu tinggi, disarankan untuk menggunakan medium handlebar atau high handlebar.

"Ini agar posisi badannya tidak terlalu ke depan dan tidak membuat kemungkinan untuk cedera karena tertekuk," kata Kevin.

"Tapi, itu kembali lagi pada pilihan. Kalau misalnya (badan) tidak terlalu tinggi tapi suka sporty, karena kan ada proses aerodinamika di mana kalau posisi badan maju ke depan kita merobek angin, sehingga kita bisa lebih laju. Tapi tetap disarankan kalau untuk santai, medium atau high akan lebih baik," pungkasnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Dok MI

KemenPPPA Sebut Perkawinan Anak di Indonesia Sudah Mengkhawatirkan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:41 WIB
Lebih banyak disebabkan oleh faktor pemohon perempuan sudah hamil terlebih dahulu dan faktor dorongan dari orangtua yang menginginkan anak...
HO

Kemenag Gelar Pelatihan Kurikulum Merdeka Melalui MOOC Pintar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:33 WIB
KEMENTERIAN Agama (Kemenag) melalui Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat kembali menyelenggarakan...
ANTARA

Terdapat 3 Provinsi dengan Penurunan Stunting Paling Signifikan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:19 WIB
Prevalensi angka stunting juga bisa ditekan di daerah dengan populasi terbanyak di Indonesia di antaranya Jawa Barat dari 24,5% menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya