Jumat 13 Januari 2023, 22:12 WIB

Kemenkes Targetkan 5 Ribu Ibu Hamil Dapat Antivirus Hepatitis B

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemenkes Targetkan 5 Ribu Ibu Hamil Dapat Antivirus Hepatitis B

Antara
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin kepada ibu hamil.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menargetkan 5 ribu ibu hamil dengan hepatitis B (HBsAg) mendapatkan antivirus Tenofovir Disoproxil Fumarate.

"Sasarannya ada 5 ribu ibu hamil dengan HBsAg reaktif dan 1.500 di antaranya memerlukan pencegahan penularan hepatitis B ke janin dengan Tenofovir," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Jumat (13/1).

Adapun Tenofovir akan diberikan dengan kadar virus sama atau lebih dari 200.000 IU/mL (5,3 log10 IU/mL), atau dengan Hepatitis B e-Antigen (HBeAg) positif selama trimester ketiga kehamilan hingga satu bulan setelah melahirkan.

Baca juga: BKKBN: 400 Ribu Bayi Lahir Stunting Setiap Tahun di Indonesia

Menteri Kesehatan juga sudah mengeluarkan surat keputusan untuk pemberian antivirus, yakni surat Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/15/2023 tentang Percontohan Pemberian Antivirus pada Ibu Hamil untuk Pencegahan Transmisi Virus Hepatitis B dari Ibu ke Anak.

"Tenofovir diberikan selama 4 bulan, sehingga perlu 4 botol Tenofovir per ibu hamil yang memerlukan. Total diperlukan 6.000 botol tenofovir," jelasnya.

"Pemberian antivirus ini akan dilakukan di 10 kabupaten/kota percontohan sampai akhir 2023," imbuh Nadia.

Baca juga: Rutin Minum Kopi Kurang Risiko Diabetes Tipe 2 Pasca Melahirkan

Sebanyak 10 kabupaten/kota berasal dari 6 provinsi, yakni Jawa Barat untuk RSUD Kota Bandung dan Puskesmas Arcamanik di Kota Bandung, serta Kalimantan Selatan untuk Puskesmas Pekauman di Kota Banjarmasin.

DKI Jakarta di Puskesmas Cengkareng dan RSUD Taman Sari Jakarta Barat; Puskesmas Tanah Abang dan RSUD Kemayoran, Jakarta Pusat; Puskesmas Kebayoran Lama dan RSUD Tebet Jakarta Selatan; Puskesmas Cakung dan RSUD Kramat Jati Jakarta Timur; Puskesmas Tanjung Priok dan RSUD Koja Jakarta Utara.

Wilayah Sulawesi Selatan untuk Puskesmas Sudiang Raya dan RSUD Labuang Baji Kota Makassar, Lampung RSUD Hj. Abdul Moeloek, Puskesmas Way Kandis dan Puskesmas Gedong Air Kota Bandar. Terakhir, Jawa Timur yakni Puskesmas Sememi, Puskesmas Wonokusumo, RSUD dr. Mohamad Soewandhie, RSUD dr. Soetomo Kota Surabaya.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Cara Atasi Penuaan Kulit: Tujuh Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:29 WIB
Penuaan ekstrinsik adalah agresi eksternal  seperti polusi atau sinar UV dan kebiasaan gaya hidup seperti merokok atau makan...
Antara

PGI Minta Presiden Perhatikan Kasus Larangan Beribadah

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:24 WIB
PGI mencatat setidaknya ada lima peristiwa diskriminasi dan intoleransi sejak 17 Januari 2023. Larangan itu dengan alasan rumah ibadah...
DOK/TACO

TACO Dukung Pameran Seni Rupa Art Jakarta Gardens

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:05 WIB
Pagelaran Art Jakarta Gardens kali ini menjadi awal bagi TACO untuk mendukung industri kreatif Indonesia pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya