Jumat 06 Januari 2023, 09:40 WIB

Universitas Brawijaya Luncurkan Pangkalan Data Program 1.000 Desa di Jatim

Bagus Suryo | Humaniora
Universitas Brawijaya Luncurkan Pangkalan Data Program 1.000 Desa di Jatim

dok.mi
Ilustrasi

 

UNIVERSITAS Brawijaya (UB) Malang, membangun pangkalan data program membangun seribu desa di Jawa Timur. Pangkalan data itu berbasis digital menerapkan konsep inovasi dan keilmuan masa depan.

"Kami mengembangkan the future science dan future innovation dengan infrastruktur sistem koneksi berkecepatan tinggi," tegas Rektor Universitas Brawijaya, Prof Widodo, Jumat (6/1).

Pembangunan infrastruktur itu selain koneksi kecepatan tinggi 100 Mbps juga dilengkapi super komputer. Lalu, pusat data itu dikaitkan dengan berbagai aktivitas mahasiswa.

"Database bisa untuk pembangunan sumber daya manusia dan pangkalan data di Indonesia," katanya.

Saat ini, UB menerapkan program membangun 1.000 desa melibatkan mahasiswa dan dosen. Dengan program itu UB berkontribusi dalam pembangunan sampai pelosok dusun. Karena itu pangkalan data diperlukan agar manfaatnya luas bagi masyarakat.

Program itu pula dimaksudkan guna mencapai target peringkat internasional semula UB bertengger di peringkat 800 besar dunia menjadi peringkat 500 yang akan dicapai dalam 5 tahun kedepan.

Sementara itu, penggunaan teknologi pertanian diterapkan dalam program doktor mengabdi. Di Kota Batu, Jatim, petani milenial mengembangkan hulu-hilir usaha tani bermitra dengan petani buah jambu kristal.

Mahasiswa pun ambil bagian dengan membuat inovasi Ormnicro. Inovasi itu alat pengolah sampah organik dan alat monitoring kendang lalat BSF di Tumpang, Kabupaten Malang. Tim pembuat inovasi, yaitu Shafina Rifdhayanti Zein, Charis Maulana, Akhdan Zaim, Ridho Firmansyah dan
Aulia Angkasa.

"Ormnicro merupakan sistem pengolahan sampah organik dan sistem monitoring kandang lalat BSF yang terintegrasi internet of things," tegas Charis Maulana.(OL-13)

Baca Juga: Terjawab Sudah! Nasib Aplikasi PeduliLindungi Setelah Pencabutan Status PPKM

Baca Juga

SETWAPRES

Wapres: Kinerja Penanggulangan Kemiskinan Harus Segera Dibenahi

👤Emir Chairullah 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:14 WIB
Ma’ruf mengakui pemerintah memiliki target yang berat terutama menurunkan angka kemiskinan ekstrem 0% pada 2024, sehingga penggunaan...
Dok Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Lakukan Inovasi Cegah Stunting

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:50 WIB
Kementerian Kesehatan RI menjelaskan bahwa sekitar 23% bayi baru lahir mengalami...
Dok pribadi

Ayep Zaki Aktif Tumbuhkan Ekosistem Wakaf di Tanah Air

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:40 WIB
UU Nomor 41 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006, sangat baik untuk kepentingan pembangunan ekosistem baik ekonomi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya