Minggu 13 November 2022, 18:55 WIB

Musim Pancaroba, Orangtua Diminta Waspadai Obat Sirop yang Ditarik

mediaindonesia.com | Humaniora
Musim Pancaroba, Orangtua Diminta Waspadai Obat Sirop yang Ditarik

Ist
Ketua DPD RI AA LaNyalla M Mattalitti meminta para orangtua waspadai pemberian obat sirop kepada anak di Semarang, Jawa Tengah.

 

KETUA DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak para orangtua untuk memperbarui informasi seputar obat sirop.

Pasalnya, penggunaan etilena glikol (EG) dan dietilena glikol (DEG) yang menyebabkan pasien anak gagal ginjal membuat izin edar sejumlah obat sirop ditarik.

"Maraknya kasus penyakit gagal ginjal pada anak-anak harus menjadi perhatian semua pihak. Terutama para orangtua yang memiliki anak yang masih kecil," kata LaNyalla di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (13/11).

Menurut LaNyalla, orangtua harus memerhatikan kesehatan dan kekebalan tubuh anak-anak terutama untuk menghadapi musim pancaroba.

"Musim pancaroba kerap memicu munculnya berbagai penyakit. Seperti masa peralihan pada September-Oktober yang ditandai dengan perubahan cuaca ekstrem dari musim panas ke musim hujan secara tiba-tiba," menurut LaNyalla.

Dijelaskannya, hal ini memicu kondisi tubuh anak-anak turun kekebalannya dan mudah terserang penyakit.


Baca juga: Penderita Diabetes Testimoni Dapat Sembuh tanpa Obat


"Di musim inilah anak-anak rawan terserang diare, demam karena flu dan pilek serta penyakit lainnya. Orangtua harus mewaspadai kondisi ini," katanya.

Senator asal Jawa Timur itu mengingatkan agar anak-anak yang terserang demam, batuk atau pilek tidak diberikan obat-obatan yang telah ditarik dari peredaran.

Apalagi yang telah diketahui mengandung cemaran EG dan DEG di atas ambang batas aman.

"Untuk itu, orang tua harus selalu update informasi terkait dengan jenis-jenis obat yang izin edarnya telah dicabut. Dan jika menemukan obat yang izin edarnya telah dicabut tapi masih beredar, orangtua bisa melaporkannya untuk kebaikan bersama," ujarnya.

Berdasarkan rilis pers yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) pada 20 Oktober 2022, dan berdasarkan acuan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan sebagai standar baku nasional untuk jaminan mutu semua obat yang beredar, ada 29 jenis obat sirup yang sudah tidak memiliki izin edar. (RO/OL-16)

 

Baca Juga

Dok Litbang MI

PPOK Juga Ancam Perokok Pasif

👤Naufal Zuhdi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 07:05 WIB
Karena fungsi paru tidak bisa kembali normal, pasien PPOK dianjurkan melakukan rehabilitasi medik untuk melatih otot...
Antara

KPI Dukung Pelaksanaan ASO Tahap II

👤Ant 🕔Rabu 30 November 2022, 23:08 WIB
Adapun wilayah-wilayah yang akan melaksanakan ASO tahap II ini antara lain Kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan...
Antara

Stigma Negatif Masih Melekat pada ODHIV

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:51 WIB
Padahal, penularan HIV bisa terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan jarum suntik yang tidak aman, transfusi tidak aman, hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya