Minggu 13 November 2022, 11:42 WIB

Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Untuk Kanker Payudara

Naufal Zuhdi | Humaniora
Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Untuk Kanker Payudara

MI/Gana
Ilustrasi deteksi dini kanker payudara

 

DALAM rangka memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional 2022, RS Mitra Keluarga Kemayoran mengambil langkah untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Beberapa topik yang diangkat kali ini juga berkaitan dengan topik kesehatan yang menjadi program Kementrian Kesehatan.

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr. Adib Khumaidi mengatakan kegiatan yang dilaksanakan RS Mitra Keluarga Kemayoran merupakan salah satu upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penyakit kanker.

"Salah satu upaya kita adalah menyosialisasikan, mengedukasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya deteksi dini. Jangan sampai kemudian terlambat," kata dr Adib di Danau Sunter, Jakarta Utara, Minggu (13/11).

Angka kejadian kanker payudara cukup besar. Kepeduliaan ini harus dimulai dari masa prasekolah.

"Prinsipnya adalah preventif, pencegahan lebih baik daripada pengobatan, mencegah lebih baik dan itu tentunya akan menekan pembiayaan juga," ungkap Adib.

Baca juga: RSUP dr Sardjito Jadi Hub Kedua Telementoring ECHO untuk Penanganan Kanker Payudara

Di kesempatan yang sama, dokter spesialis bedah dr. Alfiah Amiruddin mengatakan kegiatan ini merupakan tolak ukur yang dilakukan kepada masyarakat tentang kanker payudara.

"Sebagian besar masyarakat sudah tahu bahwa kanker payudara bisa disembuhkan. Kegiatan ini merupakan rangkaian beberapa acara yang disatukan dalam rangka hari kesehatan nasional," ucap Alfiah.

Di acara tersebut, pasien, survivor kanker turut serta meramaikan acara dengan kegiatan menari, fashion show, dan juga catwalk.

"Ini menunjukkan kanker payudara akan bisa kita selamatkan, teknik-teknik yang sudah sangat maju bisa menjaga atau mempertahankan payudara pasien tanpa harus membuat pasien cacat seumur hidup," pungkas dr. Alfiah.(OL-5)

Baca Juga

Antara

KPI Dukung Pelaksanaan ASO Tahap II

👤Ant 🕔Rabu 30 November 2022, 23:08 WIB
Adapun wilayah-wilayah yang akan melaksanakan ASO tahap II ini antara lain Kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan...
Antara

Stigma Negatif Masih Melekat pada ODHIV

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:51 WIB
Padahal, penularan HIV bisa terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan jarum suntik yang tidak aman, transfusi tidak aman, hingga...
Ist

Wamenag Soroti Minimnya Riset Tentang Zakat

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 20:56 WIB
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu (30/11) secara virtual membuka The 6th Indonesian Conference of Zakat (ICONZ)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya