Sabtu 12 November 2022, 17:40 WIB

Cara Mengeluarkan Cacing Keremi dan Penyebabnya

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Cara Mengeluarkan Cacing Keremi dan Penyebabnya

Antara/Bhakti Pundhowo.
Siswa SD,disuapi obat cacing pada acara pembagian obat cacing gratis kepada 1.000 anak di lokalisai Kremil Surabaya, Jatim.

 

INFEKSI dalam tubuh pada umumnya terjadi disebabkan oleh cacing keremi. Infeksi ini biasanya menyerang saluran pencernaan. Dengan tingkat perkembangbiakannya yang tinggi, akan menjadi berbahaya bagi tubuh apabila tidak ditangani. 

Berikut cara mengeluarkan cacing keremi dari dalam tubuh.

Penyebab cacing keremi masuk

Cacing keremi atau Enterobius vermicularis ialah jenis cacing dengan ukuran 0,6-1,3 cm yang berada di saluran pencernaan dan dapat menyebabkan rasa gatal pada anus dan vagina. Pada umumnya, penyebab dari infeksi cacing keremi ialah kontak langsung dengan sumber cacing. Ini berarti para pengidap secara tidak sadar menyentuh atau bersentuhan dengan objek yang terpapar dengan telur cacing keremi. 

Hal itu menyebabkan potensi penularan cacing keremi dapat terjadi. Penularan cacing keremi juga dapat terjadi melalui saluran pernapasan dengan aktivitas inhalasi. Saat objek atau benda tertentu dikibaskan atau digerakkan, melalui udara, telur cacing keremi dapat berpindah. Bila itu dihirup dapat menyebabkan penularan atau infeksi cacing keremi pada tubuh.

Cara mengeluarkan cacing keremi

Cacing keremi dapat diatasi dengan diagnosa yang cepat dan tepat melalui dokter. Pengobatan yang dilakukan bertujuan membunuh cacing keremi yang ada dalam tubuh. 

Pengobatan cacing keremi dapat dilakukan dengan konsumsi obat-obatan seperti Mebendazole, Pyrantel Pamoate, Albendazole, dan Piperazine. Tiap takaran dari obat disesuaikan dengan usia dari pengidap. Oleh karena itu, penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan yang ada.

Selain itu, untuk mengatasi gatal, nyeri, iritasi, dan kemerahan di bagian sekitar anus dan vagina, dokter juga akan meresepkan salep antigatal yang dapat diaplikasikan di sekitar area yang terdampak oleh infeksi cacing keremi. (OL-14)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Kawasan Konservasi pada 2030 Ditargetkan 32,5 Juta Hektare

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:33 WIB
Pemerintah Indonesia menargetkan kawasan konservasi pada 2030 seluas 32,5 juta hektare atau sebesar 10% dari luas perairan...
Ist

Rayakan Magical Festive Seasons di Oakwood Apartments PIK Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:30 WIB
Rayakan perayaan Natal dan Tahun Baru yang tak terlupakan di Oakwood Apartments PIK...
Ist

Peringati Hari Ibu Nasional 2022, PPLIPI Gelar Berbagai Kegiatan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:04 WIB
Ketua Umum PPLIPI Hj. Dra. Indah SDA, MBA, mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini untuk bisa memaksimalkan peran Ibu dalam kehidupan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya