Jumat 11 November 2022, 18:28 WIB

Wapres Serahkan Bantuan Baznas Microfinance di Masjid Tangsel

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Wapres Serahkan Bantuan Baznas Microfinance di Masjid Tangsel

MI/HO
Wapres Ma'ruf Amin bersama Baznas menyerahkan program bantuan Baznas Microfinance kepada jemaah Masjid At Taqwa, Pondok Cabe

 

WAKIL Presiden  Ma'ruf Amin bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyerahkan program bantuan Baznas Microfinance Mesjid kepada jemaah Masjid At Taqwa, di Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (11/11).

Program Baznas Microfinance Mesjid merupakan produk Bank Zakat Mikro yang telah berjalan di 20 masjid Jabodetabek pada tahap awal ini.

Secara simbolis, bantuan diberikan Wapres Ma'ruf Amin bersama Pimpinan Baznas  Rizaludin Kurniawan, M.Si dan Prof (HC). Dr. Zainulbahar Noor, M.Ec kepada ketua DKM Masjid At Taqwa, Ali Agung disaksikan Wali Kota Tangerang Selatan, H Benyamin Davnie dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Selatan, Muchrowi M.Pd.  Total bantuan mencapai Rp100 juta yang akan memberi manfaat kepada puluhan jemaah masjid pelaku UMKM.

Bantuan yang disalurkan merupakan bagian dari program Bank Zakat Mikro insiasi Baznas Bank Zakat Mikro adalah layanan keuangan mikro yang digulirkan Baznas untuk mendayagunakan dana zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya kepada mustahik pelaku usaha mikro dalam bentuk pembiayaan permodalan dan pengembangan usaha.

Wapres Ma'ruf dalam sambutannya mengatakan, Baznas yang memiliki beragam program yang sangat berguna bagi kesejahteraan umat. Menurut Ma'ruf, Baznas telah membantu peran pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui program produktif yang digulirkan.

“Baznas telah membantu peran pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial kepada mereka yang tergolong miskin, lewat dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat. Semoga semakin banyak masyarakat yang terbantu. Karena Baznas tak hanya memberikan ikan, namun juga kailnya agar mustahik bisa mandiri secara ekonomi,” ujar Wapres.

Tak hanya itu, Wapres Ma'ruf juga memastikan pemerintah akan terus berusaha untuk mengatasi berbagai persoalan yang dialami masyarakat, khususnya di bidang ekonomi.

"Ini bagian dari upaya-upaya pemerintah yang terus berupaya mengentaskan kemiskinan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Baznas Rizaludin Kurniawan,  mengutarakan  program bantuan ini dijalankan dengan menggunakan prinsip al-Qardh, yaitu pembiayaan yang tidak menarik keuntungan baik dalam bentuk  bagi hasil, margin atau istilah lain sejenis.

"Jadi dengan kata lain, para penerima manfaat dapat dengan tenang menjalankan usahanya. Kami juga ingin mereka terhindar dari riba saat menjalankan usaha," ujarnya.

Prof (HC). Dr. Zainulbahar Noor, M.Ec, menambahkan, program Baznas Microfinance Mesjid telah memberi manfaat kepada ratusan jiwa tersebar di 20 masjid termasuk mesjid At Taqwa Pondok Cabe.

"Untuk sementara Baznas telah menyalurkan sekitar Rp1,7 miliar membantu perkembangan jemaah. Angka ini masih kemungkinan akan bertambah karena Baznas ingin mengembangkan pemberian bantuan agar lebih luas, sehingga semakin banyak masyarakat rentan yang terbantu," ujarnya. (OL-8)

Baca Juga

dok.ist

Ganjar : Pemanfaatan Medsos Penting Bagi Pemimpin Masa Kini

👤Haryanto 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:56 WIB
PEMANFAATAN medsos sangat penting untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Menurut Ganjar, medsos merupakan ruang komunikasi yang efektif...
Ist

Menteri BUMN Beri Motivasi Generasi Muda pada BEM UI Trilogy

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:34 WIB
Acara seminar, diskusi, dan pameran booth BUMN ini berlangsung selama dua hari pada 28–29 November 2022 dengan dihadiri langsung oleh...
ANTARA

Tradisi Natal di Indonesia

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:31 WIB
Tradisi yang dirayakan di salah satu daerah di Jakarta ini, memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan setiap tahunnya oleh warga Kampung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya