Kamis 10 November 2022, 20:52 WIB

Hari Pahlawan Momentum Ormas Berperan Rawat Kesatuan dan Persatuan

mediaindonesia.com | Humaniora
Hari Pahlawan Momentum Ormas Berperan Rawat Kesatuan dan Persatuan

Ist
Wakil Ketua Pembina PP Perti Dr KH Anwar Sanusi.

 

PENGURUS Pusat Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PP Perti) mengatakan Hari Pahlawan 10 November merupakan momentum bagi organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk berperan lebih dalam merawat persatuan.
 
"Ormas memiliki peran yang sangat besar dalam merawat persatuan," kata Wakil Ketua Pembina PP Perti Dr KH Anwar Sanusi seperti dilansir Antara di Jakarta, Kamis (10/11).
 
Ia mengatakan sejarah menuliskan bagaimana ormas sejak dahulu telah berjasa dalam mendorong terciptanya kemerdekaan, dan melahirkan tokoh-tokoh bangsa yang hebat.
 
Di Indonesia terdapat banyak ormas yang termasuk ormas keagamaan dan tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOK). LPOK memiliki dan mengemban kewajiban untuk mendidik masyarakat dalam menjalin persatuan dan kesatuan.
 
"Melalui saluran-saluran ormas inilah kami sampaikan pesan perdamaian dan persatuan kepada masyarakat khususnya generasi muda," kata Anwar.


Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, BPIP: Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Dukung Agenda Nasional

 
Menurutnya, keberadaan ormas-ormas di Indonesia adalah kelebihan yang dimiliki bangsa. Ormas memiliki massa yang tergabung dan tersebar dalam pesantren, madrasah, sekolah perguruan tinggi, hingga fasilitas publik yang merupakan aset besar dalam perjuangan melawan paham radikal sebagai kejahatan luar biasa (extraordinary crime).
 
Ia mengatakan generasi muda merupakan tongkat estafet perjuangan bangsa, perekat persatuan atas segala perbedaan. Oleh karena itu, generasi muda harus lebih mencintai Tanah Air untuk merawat kesatuan dan persatuan.
 
"Sebab, berjalannya waktu pergantian generasi akan terjadi," ujar Anwar lagi.
 
Dia juga optimistis generasi muda mampu menang dalam perjuangan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa setelah 77 tahun kemerdekaan.
 
Terakhir, generasi muda Indonesia tidak boleh dibiarkan begitu saja, terlebih dewasa ini sudah masuk ke era teknologi informasi yang mana
informasi baik maupun buruk khususnya terkait pemahaman keagamaan kerap menjadi ancaman. (Ant/OL-16)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Pantangan Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Hindari Makanan Ini

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 00:00 WIB
Penderita darah tinggi harus memperhatikan pola makannya seperti dengan menghindari makanan yang dapat memicu tekanan darah...
Ilustrasi

Manfaat Daun Binahong, Ini Cara Mengkonsumsinya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:57 WIB
Daun binahong mengandung nutrisi seperti vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, flavonoid, riboflavin dan beta...
ANTARA

Peraturan Tentang Disabilitas di Indonesia Masih Minim

👤Naufal Zuhdi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND), Deka Kurniawan, mengatakan bahwa baru sekitar 20 persen daerah di Indonesia yang sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya