Kamis 10 November 2022, 17:01 WIB

Dukung Perkembangan Industri Kreatif Tanah Air, Panasonic Young Filmmaker Kembali Digelar

Mediaindonesia.com | Humaniora
Dukung Perkembangan Industri Kreatif Tanah Air, Panasonic Young Filmmaker Kembali Digelar

Dok. Pribadi
Peluncuran dimulainya kompetisi Panasonic Young Filmmaker 2022

 

INDUSTRI kreatif di Tanah Air terus menggeliat di tengah pandemi. Salah satu yang tumbuh signifikan ialah perfilman dan pembuatan konten. Mendukung perkembangan industri kreatif Indonesia, Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali menggelar ajang Panasonic Young Filmmaker (PYFM).

Di edisi keempat PYFM kali ini, PGI mengusung tema Strive atau berjuang yang mencerminkan upaya perjuangan generasi muda Indonnesia tetap memupuk kreativitas di masa pandemi. PYFM 2022 terbagi dalam 3 kategori, yaitu Short Movie Category, Conceptual Video Category, dan Vertical Video Category. Peserta dapat mendaftarkan karyanya melalui microsite pyfm2022.com mulai 10 November dan pengumuman pemenang akan dilangsungkan pada 20 Januari 2023.

Transformation and Services Director PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, PYFM salah satu upaya pihaknya  dalam berkontribusi untuk kemajuan industri kreatif di Indonesia dengan memberikan wadah bagi para kreator muda Indonesia menunjukan karyanya dalam bidang videografi sekaligus memberi kesempatan kepada mereka bertemu dan berdiskusi dengan para professional dibidangnya.

Dalam rangkaian acara PYFM 2022, para filmmaker dan kreator konten muda nantinya akan diberikan kesempatan untuk saling belajar dari para ahli dan mendapatkan lebih banyak ilmu mengenai tren serta proses pembuatan film maupun video digital.

"PYFM diharapkan ikut memajukan industri perfliman Indonesia dan komunitas kreator konten. Hal ini juga merupakan inisiatif Panasonic Lumix untuk tidak hanya menjadi merek kamera yang dicintai oleh penggemar video dan foto dari seluruh dunia, tapi juga dapat mendukung para sineas dan creator muda dalam menghasilkan karya karya terbaiknya”, ujar Intan di Jakarta, Kamis (10/11).

General Manager Audio Visual & Small Domestic Appliance Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefiandi menambahkan, PYFM 2022 mengajak teman-teman pekerja kreatif muda di Indonesia untuk membuat ataupun mengirimkan karya video dengan tema sesuai untuk terus saling membangkitkan semangat di masa penuh ketidakpastian ini. 

Agung mengungkapkan, PYFM yang telah digelar sejak 2015 punya misi menjalin kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk memajukan industri kreatif Indonesia. Lewat PYFM, Panasonic mengambil peran dalam mendidik dan memotivasi filmmaker juga kreator konten muda bertalenta di seluruh Indonesia, agar terus berprestasi dan memiliki daya saing tinggi dalam ajang film di tingkat lokal maupun internasional,

Baca juga : Dian Sastro Jadi Dewi Api di Film Sri Asih

“Percepatan perkembangan digitalisasi di Indonesia selama masa pandemi kemarin juga membawa banyak perubahan dalam industri video dan media sosial, maka kali ini PYFM hadir dengan ragam kategori yang disesuaikan dengan tren video saat ini, yang tidak hanya menargetkan filmmaker tetapi juga content creator yang juga sangat kreatif dalam menghasilkan video untuk media sosialnya." kata Agung.

Digital Imaging Product Manager Panasonic Gobel Indonesia Cut Noviani menjelaskan, terdapat tiga kategori besar yang dikompetisikan dalam PYFM 2022 yaitu Short Movie, Conceptual Video, & Vertical Video. Kategori Short Movie merupakan produksi film pendek dengan genre Drama, Komedi, Horror, Action, serta Dokumenter berdurasi maksimal 10 menit. 

Conceptual Video merupakan produksi video yang terbagi kedalam empat sub-kategori yaitu, Wedding Video, Pre-Wedding Video, Nature & Wildlife Video dan Experimental Video. Kategori terakhir adalah Vertical Video yang merupakan produksi video dengan format 9:16 yang juga terbagi dalam 4 sub-kategori yaitu Local Travel Video, Local Food Video, Education Video dan Fashion & Beauty Video dengan durasi minimum 1 menit.

PYFM 2022 menggandeng juri kenamaan yakni sutradara dan penulis muda Yandy Laurens & cinematographer Goenrock untuk kategori short movie, serta Yudha Rizky & Aldio Ogut mewakili ContentAcademy.id, Bagoes Kresnawan, Babam Bramaditia, Barry Kusuma, Pradityaka dan Gary Evan untuk kategori Conceptual Video dan Vertical video serta Agung Ariefiandi selaku representatif Panasonic Gobel Indonesia untuk seluruh kategori. 

PYFM 2022 juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas seperti Hunting Pasar, SWAPP, Content Academy, Kreatif Hub, Wedding Vidgram, DCI, SNXP dan Keratif Film School. 

Seluruh kegiatan PYFM 2022 akan dilaksanakan selama dua bulan, mulai dari 10 November 2022 hingga 3 Januari 2023. Dalam periode tersebut, Lumix bersama dengan komunitas akan mengadakan workshop roadshow mengenai pembuatan film pendek maupun konten video serta penjelasan fitur yang ada dalam kamera Lumix yang dapat mendukung para creator dalam seluruh proses pembuatan konten. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/ ILUSTRASI/Aribowo Sucipto

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:50 WIB
Berdasarkan pantauan CCTV Semeru, fenomena APG terus berlangsung hingga pagi ini pukul 07.42 WIB dengan jarak luncur bervariasi antara 5...
ANTARA / JAFKHAIRI

Dianggap Melanggar UU, KLHK Larang Peneliti Asal Inggris Lakukan Penelitian di RI

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:10 WIB
KLHK sangat mendukung kegiatan penelitian berbasis sains, namun akan bersikap tegas terhadap para peneliti asing yang tidak taat...
MI/ERIEZ M RIAL

Unisba Berada di Peringkat Atas Universitas Terbaik di Kota Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:50 WIB
EduRank menempatkan Unisba sebagai universitas peringkat 4 terbaik di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya