Senin 03 Oktober 2022, 11:49 WIB

Guru PAI Berperan Kampanyekan Islam Moderat di Sekolah

Mediaindonesia.com | Humaniora
Guru PAI Berperan Kampanyekan Islam Moderat di Sekolah

DOK Pribadi.
Seminar Peningkatan Kapasitas Moderasi Beragama Bagi Guru PAI dengan tema Membangun Harmoni Memajukan Negeri, Senin (3/10).

 

SAAT ini bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada tantangan keberagaman dan perbedaan keyakinan di antara masyarakat. Sikap dan perilaku beragama yang ekstrem dengan tidak menghargai dan mengabaikan martabat manusia masih sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.

Staf Ahli Menteri Agama Bidan Hukum dan HAM, Abu Rokhmad, menyampaikan itu dalam Seminar Peningkatan Kapasitas Moderasi Beragama Bagi Guru PAI dengan tema Membangun Harmoni Memajukan Negeri, Senin (3/10). Abu melanjutkan keadaan ini diperparah dengan berkembangnya klaim kebenaran oleh sekelompok orang yang bersumber dari tafsir agama. 

"Kelompok ini sering mengeklaim bahwa pendapat mereka yang paling benar dan mereka cenderung menolak perbedaan. Padahal kita tahu bahwa perbedaan ialah anugerah yang luar biasa dari Allah SWT," lanjutnya dalam acara yang digelar Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama itu. 

Oleh karena itu, Abu mengingatkan kepada seluruh pihak untuk mewaspadai keberadaan kelompok ini. "Tentu kita semua harus mewaspadai keberadaan kelompok ini demi persatuan dan kesatuan NKRI," tuturnya. 

Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah, menerangkan pemahaman keagamaan yang ekstrem biasanya muncul pada saat masih di bangku sekolah. "Ya tentu, pemahaman ini biasanya sudah ada sejak mereka masih SMA/MA. Karenanya, para guru perlu mewaspadai hal itu," ungkap Amrullah. 

Menurutnya, guru PAI memiliki peranan yang sangat penting untuk menangkal pemahaman keagamaan yang ekstrem dan selalu mengampanyekan Islam moderat di lingkungan sekolah. "Kami berharap guru PAI menjadi garda terdepan dalam mensyiarkan moderasi beragama di sekolah," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Thinkstock.

Pasien HIV/AIDS Berisiko Lebih Tinggi Terkena Tuberkulosis

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:59 WIB
Pasien HIV/AIDS berisiko 30 kali lipat lebih tinggi terkena tuberkulosis (TB). Ini dikata dokter spesialis penyakit dalam dr....
AFP/Haidar Hamdani.

Penyebab Siang dan Malam serta Prosesnya

👤Meilani Teniwut 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:35 WIB
Nah, untuk memperjelas dalam menjawab pertanyaan di atas, berikut penjelasan lengkapnya yang perlu kalian...
MI/Palce Amalo

Calon Mahasiswa Program Diploma 3 Vokasi Bisa Ikut SNPMB 2023

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:23 WIB
Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 sudah dimulai hari ini, Kamis (1/12) untuk tahap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya