Kamis 22 September 2022, 09:25 WIB

Barisan Berkebaya Wadah Komunitas Perempuan Penggiat Kebaya

mediaindonesia.com | Humaniora
Barisan Berkebaya Wadah Komunitas Perempuan Penggiat Kebaya

dok.barisanberkebaya.com
Barisan Berkebaya me-luncurkan website barisanberkebaya.com pada Rabu (21/9) di Posbloc, Pasar Baru, Jakarta

 

Barisan Berkebaya me-luncurkan website barisanberkebaya.com pada Rabu (21/9) di Posbloc, Pasar Baru, Jakarta. Launching barisanberkebaya.com turut dihadiri anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI Putri Kus Wisnu Wardani, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dan 30 komunitas perempuan penggiat kebaya dan budaya Indonesia. Website barisanberkebaya.com merupakan wadah yang memfasilitasi komunitas perempuan berkebaya.

Hal itu sejalan dengan Visi Barisan Berkebaya yaitu, "Kebaya menjadi busana yang dicintai, dibanggakan dan dilestarikan untuk generasi yang akan datang". Sementara ada 3 misi dari Barisan Berkebaya. Pertama; Mengajak semua komunitas perempuan bergerak bergerak menjadikan kebaya sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB). Kedua; Menumbuhkan kesadaran terhadap generasi muda untuk melestarikan kebaya. Ketiga; Menjadikan kebaya sebagai busana yang melekat dengan kehidupan kita; hidup dan menghidupi.

Launching website barisanberkebaya.com diresmikan dengan penekanan tombol oleh Sekar Ayu Jiwanta:
1. Putri Kus Wisnu Wardani, Watimpres RI
2. Miranti Serad, Barisan  Berkebaya
3. Emmy Wiranto, Sekar Ayu Jiwanta
4. Antarina SF Amir, Pertiwi Indonesia

Miranti Serad dari Barisan Berkebaya menjelaskan bahwa website barisanberkebaya.com ini merupakan tindak lanjut gerakan Barisan Berkebaya Penjaga Bendera Pusaka pada 17 Agustus lalu. Bertepatan dengan launching website barisanberkebaya.com maka gerakan tersebut selangkah lebih maju, menjadi Barisan Berkebaya Goes to UNESCO.

Lebih lanjut Miranti Serad menekankan pentingnya gerakan Barisan Berkebaya Goes to UNESCO sebagai wujud nyata upaya menjaga kelangsungan kebaya dalam kehidupan perempuan Indonesia. Untuk itu, Miranti Serad dalam sambutannya menyatakan bahwa melalui website barisanberkebaya.com akan memuat kegiatan dari seluruh komunitas perempuan pegiat kebaya.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI Putri Kus Wisnu Wardani menyampaikan dalam sambutannya mengakui peran penting komunitas Pertiwi dalam pelestarian kebaya. "Pertiwi menjadi garda terdepan dan koordinator kelompok Ibu-Ibu yang punya perhatian khusus terkait keberadaan dan kelangsungan kebaya Indonesia".

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menyatakan apresiasi terhadap launching barisanberkebaya.com dengan menyerahkan Perangko UNESCO Warisan Takbenda. Selanjutnya digelar acara lelang Perangko UNESCO Warisan Takbenda. Lelang Perangko yang bertujuan untuk membantu gerakan Kebaya Goes to UNESCO. (RO/OL-13)

Baca Juga

ANTARA/Asep Fathulrahman.

Tanggal Maulid Nabi 2022 dan Sejarahnya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:30 WIB
Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Maulid Nabi menjadi momen untuk mengingat, menghayati, dan memuliakan...
Antara

66,37% Anak Terproteksi Vaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:18 WIB
Sebanyak 21.159.070 anak telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 80,15 persen dari...
Freepik

Doa Koronka Kerahiman Ilahi

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:04 WIB
Umat Katolik disuruh untuk berdoa Koronka Kerahiman dan menguduskan Gambar Kerahiman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya