Kamis 25 Agustus 2022, 13:14 WIB

BMKG Deteksi 21 Titik Panas di Kalimantan Timur

Mediaindonesia.com | Humaniora
BMKG Deteksi 21 Titik Panas di Kalimantan Timur

Dok MI
Ilustrasi

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan mendeteksi adanya 21 titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga diharapkan pihak berwenang menindaklanjuti dengan penanganan.

"Sebanyak 21 titik panas tersebut terpantau pada Rabu (24/8) mulai pukul 01.00 WITA hingga pukul 24.00 WITA," kata prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Kamis.

Ia menjelaskan sebaran 21 titik panas tersebut telah diinformasikan ke instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Dua hari sebelumnya pihaknya juga mendeteksi adanya 104 titik panas yang tersebar pada empat kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas tersebut sudah hilang.

Sedangkan 21 titik panas yang terpantau pada Rabu (24/8) tersebar pada lima kabupaten, merupakan titik panas yang berada di lokasi berbeda, meskipun masih ada yang dalam kabupaten yang sama.

Adapun lima kabupaten yang terdeteksi 21 titik panas tersebut adalah di Kabupaten Paser ada 1 titik, Kutai Barat ada 3 titik, Kutai Timur 7 titik, Kabupaten Berau terdapat 7 titik, dan Kabupaten Mahakam Ulu ada 3 titik panas.

Rinciannya adalah, lanjut Iwan, untuk satu titik yang ada di Kabupaten Paser berada di Kecamatan Batu Sopang, memiliki tingkat kepercayaan menengah, pada koordinat 115.8597 bujur dan -1.8457 lintang.

Di Kabupaten Kutai Barat yang terdapat tiga titk, tersebar pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Linggang Bigung ada dua titik panas, kemudian Kecamatan Nyuatan ada satu titik.

Di Kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi tujuh titik panas, tersebar pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Bengalon, Kaubun, Muara Wahai masing-masing satu titik, Kecamatan Kongbeng dua titik, dan Kecamatan Sangatta Utara dua titik.

Di Kabupaten Berau yang ada tujuh titik, tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Gunung Tabur satu titik, Sambaliung tiga titik, dan Kecamatan Segah ada tiga titik panas.

"Di Kabupaten Mahakam Ulu yang terdeteksi tiga titik panas, tersebar pada dua kecamatan, yakni Kecamatabn Laham dua titik, kemudian Kecamatan Long Hubung ada satu titik panas," demikian  Iwan Munandar. (OL-12)

Baca Juga

Dok The Body Shop

Plant-based Serum Dikembangkan Sebagai Alternatif Alami Perawatan dan Ketahanan Kulit

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 17:07 WIB
Produk kecantikan dengan bahan utama yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (plant-based) juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit...
Antara

Atasi Kelangkaan Stok, Pemerintah Impor Ratusan Ribu Vaksin Meningitis

👤Jose Nicol (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) 🕔Rabu 28 September 2022, 17:05 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan telah mengimpor vaksin meningitis meningokokus sebanyak 225 ribu vial melalui Bio Farma untuk mengatasi masalah...
Ist

Gandeng Tiga SMKN Pertanian, FIF Group Tanam 1.437 Pohon 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 16:48 WIB
FIF Group bersama Komando Resor Militer (Korem) 051/Wijayakarta (WKT) Cibitung menggelar acara penanaman pohon di kompleks Food Estate...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya