Rabu 10 Agustus 2022, 11:50 WIB

USK Peringkat ke 8 PTN Terbaik se Indonesia versi Webometrics 2022

Amiruddin Abdullah R | Humaniora
USK Peringkat ke 8 PTN Terbaik se Indonesia versi Webometrics 2022

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Kampus USK Aceh tampak depan dari dari udara arah tugu pelajar Darussalam.

 

UNIVERSITAS Syiah Kuala (USK) tercatat masuk ke peringkat delapan perguruan terbaik se Indonesia. Hal ini berdasarkan pemeringkatan Webometrics, yang dirilis Selasa (9/8).

Posisi USK ini naik cukup signifikan jika dibanding tahun sebelumnya yang ada di peringkat 17. Adapun peringkat terbaik pada Webometric tahun ini adalah Universitas Indonesia. Lalu diikuti Universitas Gajah Mada dan Universitas Brawijaya.

Untuk diketahui Webometrics Ranking adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, yaitu sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian public terbesar di Spanyol. Lembaga ini dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif internet dan web content. Khususnya, yang berkaitan dengan proses generasi
dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah.

Sementara filosofi dasar dari webometrics ranking adalah untuk mempromosikan publikasi website. Secara lebih detil tujuannya adalah mendukung inisiatif akses terbuka (open access), akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Indikator pemeringkatan web di sini, tidak saja didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman tapi yang lebih penting adalah kinerja global dan visibilitas dari universitas itu sendiri.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan melalui Media Indonesia, Rabu (10/8) menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian tersebut. Apalagi posisi USK naik cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Menurut Marwan, hal ini tidak lepas dari kuatkan komitmen perguruan tinggi ini
untuk terus meningkatkan kualitas riset dan publikasi ilmiah di kalangan peneliti kampus ini.

Bahkan Universitas jantung hati masyarakat Aceh yang lahir pada 2 September 1961 ini, akan segera bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH). Dengan statuta baru, nanti perhatian USK terhadap riset semakin besar sehingga mampu bersanding dengan perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia.

"Alhamdulillah, prestasi ini menjadi motivasi bagi USK untuk terus menguatkan institusinya. Khususnya bidang riset, yang telah menjadi perhatian serius USK selama ini," ucap Rektor USK ke-11 ini.

Sebelumnya pada Juli lalu, salah satu lembaga pemeringkatan dunia lainnya yaitu Scimago Institutions Ranking (SIR) juga mempublikasikan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Berdasarkan informasi tersebut, USK berada di peringkat 11 sebagai perguruan tinggi nasional.
Menariknya, dalam publikasi tersebut sejumlah bidang keilmuan USK turut berada di posisi yang mengesankan.

Misalnya, bidang kimia yang berada di peringkat 1, bidang matematika peringkat 1, bidang bahasa atau linguistik berada di peringkat 5, bidang keteknikan peringkat 7, bidang kedokteran hewan peringkat 6, bidang kedokteran peringkat 8, bidang ilmu komputer peringkat 14, bidang pertanian peringkat 19, dan bidang ekonomi di peringkat 23. (OL-13)

Baca Juga: Ubhara Jaya Gelar Seminar Bahas Potensi Ancaman Keamanan di ...

 

 

Baca Juga

Ist

Mahasiswa ITB dan ITS Juarai Writing Competition Djarum Beasiswa Plus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 21:41 WIB
Mahasiswa ITB Andi Ameera Sayaka Cakravastia dan mahasiswa ITS Najla Rasikha Putri Harza meriah juara pertama Writing...
Antara/HO/Yudha.

Penyembuhan Lebih Cepat pada Operasi Jantung dengan Sayatan Kecil

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 21:30 WIB
Prosedur ini juga dapat menjadi pilihan bagi pasien yang memiliki risiko tinggi, seperti karena usia atau riwayat medis...
Ist

Kemenag: Pengadilan Agama Tidak Sahkan Pernikahan Beda Agama

👤Widhoroso 🕔Kamis 29 September 2022, 21:21 WIB
KEMENTERIAN Agama (Kemenag) menegaskan pengadilan agama tidak mengesahkan pernikahan beda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya