Selasa 26 Juli 2022, 17:38 WIB

Menkes Harap Akselerasi Vaksin Booster Capai 70%

mediaindonesia.com | Humaniora
Menkes Harap Akselerasi Vaksin Booster Capai 70%

Antara
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin covid-19 dosis booster untuk warga.

 

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kebijakan akselerasi vaksinasi covid-19 dosis booster di Indonesia diharapkan bisa tembus 70% dari populasi sasaran.

"Saya lihat di seluruh dunia, tidak ada negara yang bisa mencapai (target vaksinasi) 100%. Jadi saya jujur, gak mungkin tercapai, yang penting di atas 70% sudah baik," ujar Budi di Jakarta, Selasa (26/7).

Dalam 15 bulan terakhir, lanjut dia, sebanyak 205 juta jiwa penduduk Indonesia telah menerima vaksin covid-19 berupa dosis lengkap primer hingga booster. Total suntikan vaksin yang diberikan mencapai 410 juta dosis.

Baca juga: Menkes: Vaksin Cacar Mujarab Lindungi dari Risiko Cacar Monyet

"Paling yang harus kita tingkatkan itu booster. Makanya kita mengedukasi masyarakat supaya bisa memperoleh perlindungan yang lebih baik," imbuh Budi.

Mengacu data Kemenkes per Selasa (26/7) ini, capaian vaksin dosis booster berkisar 26,38% atau setara 54,9 juta dosis. Lalu, vaksin dosis dua berkisar 81,57% atau setara 169,8 juta dosis. Adapun, vaksinasi covid-19 dosis satu 97,12% atau setara 202 juta dosis.

Baca juga: Dosis Booster Vaksin Covid-19 Penting untuk Orang-Orang Berisiko

Budi menegaskan bahwa perlindungan vaksin booster dapat mencegah keparahan sakit saat terinfeksi covid-19. Sehingga, warga yang terpapar covid-19 tidak perlu menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

"Vaksin booster menjadi perlindungan yang penting di samping kepatuhan protokol kesehatan. Menyusul temuan varian baru di tengah masyarakat, seperti subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, yang kini mendominasi," pungkasnya.(Ant/OL-11)

Baca Juga

Ist

Dukung Industri Fesyen Tanah Air, Oppo Bazaar Fashion Festival Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:03 WIB
Peragaan busana ini pun menggandeng beberapa tokoh ternama seperti Adrian Gan & Sonderlab, Tangan & Anton Ismael, serta Lulu...
ANTARA /Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Dukung Petani dan Nelayan Antisipasi Cuaca Ekstrem

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Salah satu upaya yang dilakukan BMKG adalah dengan membuat sekolah lapang sebagai platform yang didesain untuk memfasilitasi literasi...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Presien Minta BMKG Identifikasi Ancaman dan Dampak Perubahan Iklim secara Menyeluruh

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengidentifikasi risiko perubahan iklim dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya