Jumat 08 Juli 2022, 17:19 WIB

Ini 5 Kunci Menjaga Kesehatan di Puncak Ibadah Armuzna

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Ini 5 Kunci Menjaga Kesehatan di Puncak Ibadah Armuzna

MI/Susanto
Jamaah haji dari berbagai negara memadati bukit Jabal Rahmah, Mekkah, Arab Saudi.

 

PADA puncak ibadah haji di Arafah, Musdalifah dan Mina (Armuzna), terdapat lima hal yang bisa dilakukan jemaah haji untuk tetap menjaga kesehatan.

"Pertama, karena cuaca amat panas, upayakan selalu dalam keteduhan. Di dalam tenda saja, atau kalau di luar, cari tempat terlindung," ujar Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama, Jumat (8/7).

Kedua, lanjut dia, jangan lupa makan dan minum yang memadai untuk menjaga daya tahan tubuh. Serta, mengonsumsi obat rutin yang dimiliki dalam beberapa hari masa Armuzna. Ketiga, ikuti pengaturan petugas, khususnya tentang waktu melontar jumrah, supaya diatur tidak terlalu berdesakan di waktu yang sama.

Baca juga: Hindari Penipuan, Kemenag: Masyarakat Bisa Cek Aplikasi Haji Pintar

"Keempat, kalau ada keluhan kesehatan sekecil apapun, segera melapor ke petugas kesehatan, agar ditangani segera. Jangan sampai berlarut menjadi heat stroke," imbuhnya.

Adapun kelima, setelah selesai masa Armuzna, sebaiknya jemaah beristirahat untuk memulihkan kebugaran. Kurangi aktivitas yang tidak perlu, seperti berbelanja. Berdasarkan pengalaman, beberapa hari pasca-Armuzna, diketahui cukup banyak jemaah yang sakit.

Baca juga: Jamaah Haji Indonesia Beribadah Malam Hari

Gelombang kedatangan ribuan jemaah haji Indonesia ke Arafah dimulai dari Kamis (7/7) kemarin. Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Masyair (Armuzna) Nasrullah Jasam mengatakan semua persiapan, termasuk tenda dan karpet, sudah terpasang lengkap.

"Dari jam 08.00 WIB, jemaah mulai masuk ke tenda di Arafah. Sejauh ini, prosesnya berjalan lancar. Mudah-mudahan sampai sore berjalan lancar," tutur Nasrullah.

Dengan kuota haji yang hanya 50% dari tahun-tahun sebelumnya, membuat Nasrullah optimistis bahwa proses pelaksanaan puncak haji pada tahun ini berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala.(OL-11)

 

Baca Juga

DOK Kanal Saung Edukasi di Youtube.

Mempelajari Konsep dan Desain Alur Multimedia Interaktif

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:57 WIB
Pelajaran Desain Media Interaktif pada SMK Jurusan Multimedia Kelas 12 mempelajari konsep multimedia interaktif di Bab 1. Pada Bab 2...
dok.KBRI Laos

Mahasiswa UI Kolaborasi dengan Empat Warga Laos Membawakan Tarian Betawi di Laos

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:49 WIB
KOMITMEN Kenalkan Budaya Nusantara, Mahasiswa UI berkolaborasi dengan empat warga Laos membawakan tarian Betawi di...
Antara

Menkes Minta Layanan Kesehatan Prioritaskan Produk Lokal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:17 WIB
Langkah tersebut sebagai upaya meningkatkan perekonomian nasional. Sekaligus, mendorong ketahanan sistem kesehatan yang merupakan pilar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya