Senin 04 Juli 2022, 16:56 WIB

Satgas Covid-19: Situasi Masih Terkendali, Tapi Harus Tetap Waspada

Dinda shabrina | Humaniora
Satgas Covid-19: Situasi Masih Terkendali, Tapi Harus Tetap Waspada

Antara
Mural imbauan tetap tegakkan protokol kesehatan

 

KETUA Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi, mengatakan saat ini pihaknya masih terus mengevaluasi perkembangan kasus peningkatan Covid-19.

“Memang saat ini masih terkendali, tetapi terjadi tren peningkatan, sehingga perlu kewaspadaan,” kata Sonny kepada Media Indonesia, Senin (4/7).

Ia menyebut jika terjadi peningkatan, secara otomatis akan ada pengetatan protokol kesehatan dan pembatasan mobilitas. Semua itu, kata dia tergantung pada PPKM level di tiap wilayah.

“Terutama untuk mobilitas, mobilitias itu kita tergantung pada level PPKMnya. Tetapi kalau pengetatan protokol kesehatan, itu pasti dilakukan sesuai dengan perkembangan kondisi yang ada,” imbuh Sonny.

Baca juga: Covid-19 Kembali Naik, Perketat Prokes dan Gencarkan 3T

Sebelumnya, Sonny menuturkan Ketua Satgas Covid telah mengeluarkan surat edaran No. 20 tahun 2022 yang mengatakan bagi kegiatan berskala besar apa saja bentuknya, berkewajiban menyertakan persyaratan booster.

Hal itu, kata Sonny menjadi salah satu pedoman bagi masyarakat apabila harus melakukan kegiatan di luar dengan skala besar.

“Setelah 2 tahun belajar, baik itu terjadi peningkatan risiko, maka masyarakat diharapkan sangat adaptif. Adaptasi itu harus dilakukan mandiri, itu yang diharapkan. Kalau melihat risikonya meningkat, maka orang itu melakukan skrining mandiri, apakah layak untuk berpergian, apakah penting untuk berpergian,” tutur Sonny.

“Perilaku adaptif itu kapan dibutuhkan, dilakukan protokol kesehatan. Kapan kondisi membaik, terjadi pelonggaran protokol kesehatan dan seterusnya,” tandasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

PB IDI Dukung Regulasi Pelabelan Bisfenol A (BPA) pada Kemasan Plastik  

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 04:45 WIB
“Selama ini, masyarakat hanya menyoroti pengaruh jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi terhadap kesehatan, namun mengabaikan...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...
AFP

Anak Terinfeksi Monkeypox, Satgas: Perlu Penanganan Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:04 WIB
Kelompok usia anak menjadi salah satu pasien yang perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis, khususnya saat terinfeksi cacar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya