Selasa 17 Mei 2022, 22:06 WIB

Pemakaian Masker Dilonggarkan, Pasien Covid-19 Tetap Diwajibkan Prokes

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Pemakaian Masker Dilonggarkan, Pasien Covid-19 Tetap Diwajibkan Prokes

Antara
Ilustrasi

 

PEMERINTAH telah melonggarkan kebijakan memakai masker. Meski begitu, pasien covid-19 tetap harus disiplin protokol kesehatan (prokes).

“Tetap harus isolasi di rumah selama minimal lima hari atau sampai hasil tes PCR negatif,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa (17/5)

Budi yakin masyarakat sudah memahami potensi penularan covid-19. Sehingga pasien covid-19 diharapkan berinisiatif tidak bermobilisasi sampai sembuh.

“Inilah pentingnya kesadaran masyarakat di masa transisi. Kalau sakit, harus istirahat karena tahu bisa menularkan sehingga tetap di rumah,” papar dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Presiden menjelaskan hal itu diputuskan dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi covid-19 yang makin terkendali di Indonesia.

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden 

Meski demikian, Presiden meminta masyarakat tetap menggunakan masker saat kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. Lalu, masyarakat yang masuk kategori rentan seperti lansia atau memiliki penyakit komorbid, disarankan tetap menggunakan masker saat beraktivitas. (OL-8)

Baca Juga

dok.ist

Sandiaga Apresiasi UMKM dan Dukung Yayasan Yatim Dhuafa di Yogyakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:03 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi  pelaku UMKM di Yogyakarta yang merupakan peserta dari program...
ANTARA

Jenderal Dudung Perintahkan Jajaran TNI AD Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 16:51 WIB
Usai pengukuhan, Jenderal Dudung langsung memerintahkan jajaran TNI AD untuk juga menjadi Bapak Asuh Anak...
Ist

Mengedukasi Pola Hidup Sehat Melalui Likeme.id

👤Widhoroso 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 15:59 WIB
MENJALANI bisnis makanan dan minuman sehat berbahan alami, sama sekali tidak ada dalam benak Fazry Wildan Shahab beberapa tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya