Jumat 06 Mei 2022, 11:32 WIB

BNPB Imbau Pemudik Waspadai Ancaman Bencana Hidrometeorologi

Atalya Puspa | Humaniora
BNPB Imbau Pemudik Waspadai Ancaman Bencana Hidrometeorologi

ANTARA/Aprillio Akbar
Foto udara kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5).

 

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga dan pemerintah daerah meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi basah di masa mudik Lebaran 2022.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengimbau agar pemda memberikan informasi peringatan dini terkait peningkatan debit air ketika hujan intensitas tinggi sudah terjadi lebih dari satu jam sehingga upaya penanganan darurat seperti evakuasi dan pemberian bantuan bagi warga terdampak dapat dilakukan.

"Bagi para pengendara yang sedang melakukan aktivitas arus balik pascamudik lebaran 2022 diimbau meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara dengan memeriksa potensi bencana pada wilayah yang akan dilewati melalui peta mudik aman bencana yang dikeluarkan BNPB dan prakiraan cuaca melalui laman BMKG," kata Abdul dalam keterangan resmi, Jumat (6/5).

Baca juga: Polisi Mulai Skema Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek

Adapun, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang hingga malam hari yang berlaku mulai tanggal 5 sampai 7 Mei 2022 untuk beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat.

Wilayah tersebut meliputi Kabupaten Purwakarta, Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten/Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten/Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kabupaten Garut, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar.

Sedangkan pada waktu dini hari untuk wilayah di Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut.

Kajian inaRisk juga menunjukan bahwa Kabupaten Purwakarta memiliki potensi bencana banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 14 kecamatan. (OL-1)

Baca Juga

MI/HO

IOH Luncurkan Program Sampah Jadi Pulsa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 08:45 WIB
Masyarakat bisa menukarkan botol plastik bekas dengan pulsa IM3 maupun Tri melalui Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay yang...
ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Kapolri Lepas 144 Peserta Upaya Pemecahan Rekor Muri Bersepeda

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 07:53 WIB
"Kami harapkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan untuk melengkapi dan mengukir prestasi dari rekan-rekan, khususnya atlet...
MI/ Biro Adpim Malut

491 Jamaah Calon Haji Asal Provinsi Malut Diberangkatkan ke Emberkasi Makasar

👤Hijrah Ibrahim 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 07:38 WIB
Jamaah haji Maluku Utara tergabung pada 2 kelompok terbang yaitu kloter 11 dengan jumlah jamaah sebanyak 489 orang dan kloter 12 sebanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya