Kamis 05 Mei 2022, 15:30 WIB

Pakar: Hepatitis Akut Berat Bisa Dicegah

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Pakar: Hepatitis Akut Berat Bisa Dicegah

Infografis MI
Hepatitis misterius yang muncul saat ini disebut akut karena perburukannya terjadi dalam waktu cepat.

 

PENYAKIT hepatitis akut berat yang belum diketahui etiologinya saat ini ternyata bisa dicegah agar anak tidak tertular. Dokter Anak konsultan Gastrohepatologi, Hanifah Oswari menjelaskan ada beberapa virus yang diduga memicu penyakit ini sehingga bisa dicegah.

"Beberapa virus tersebut yaitu Adenovirus tipe 41, Virus EBV, dan lainnya, kebanyakan virus yang diduga ini penularannya melalui saluran pencernaan dan nafas. Karena itu pencegahan yang bisa dilakukan adalah menjaga jangan sampai anak terinfeksi melalui jalan masuknya virus," kata dr Hanifah dalam konferensi pers secara daring, Kamis (5/5).

Menjaga dari saluran pencernaan misalnya bisa melakukan tindakan cuci tangan dengan sabun, memastikan makanan dan minuman dikonsumsi matang, tidak menggunakan alat makan bersamaan dengan orang lain, serta menghindari kontak dari orang yang sakit.

Kemudian pencegahan dari saluran pernapasan bisa menerapkan protokol covid-19 yang sudah biasa dijalankan saat ini seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan.

 

Laboratorium rujukan

Dalam penanganan penyakit yang dianggap masih misterius ini, pemerintah sudah menunjuk Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai laboratorium rujukan untuk pemeriksaan spesimen Hepatitis akut ini. Pasalnya, terang Hanifah, ada banyak hal yang perlu diinvestigasi dari penyebab virus dan mengapa mendadak anak yang terkena di banyak negara.

Selain itu, pemerintah juga mengharapkan tenaga kesehatan pelayanan kesehatan untuk waspada dan siap apabila ada timbul dugaan Hepatitis akut, dan di daerah sudah ada rumah sakit rujukan utama untuk keadaan seperti ini. (H-2)

Baca Juga

MI/HO

KJRI Sambut 25 Mahasiswa Indonesia yang Dapat Beasiswa di UC Davis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:15 WIB
“KJRI San Francisco senang dan bangga dengan 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih dalam program IISMA tahun ini di UC Davis, salah...
ANTARA/Adiwinata Solihin

IPB Beri Apresiasi Pemerintah Atas Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 07:35 WIB
Rektor IPB Arief Satria menyampaikan apresiasi kepada pemerintah saat menghadiri acara penyerahan penghargaan di Istana Negara, Jakarta,...
Dok. Kemendikbudristek

Sukses Selenggarakan IOI 2022, Indonesia Pimpin Pemulihan Pendidikan Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 06:32 WIB
IOI jadi salah satu bukti semangat global 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika guna mewujudkan masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya