Jumat 22 April 2022, 22:02 WIB

Perguruan Tinggi di Jakarta Didorong Terus Tingkatkan Kualitas Ikuti Perkembangan Dunia Usaha dan Industri 

Mediaindonesiacom | Humaniora
Perguruan Tinggi di Jakarta Didorong Terus Tingkatkan Kualitas Ikuti Perkembangan Dunia Usaha dan Industri 

Dok LLDIKTI Wilayah III
Kepala LLDikti Wilayah III Paristiyanti Nurwardani,

 

LEMBAGA Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III mendorong seluruh perguruan tinggi se DKI Jakarta untuk meningkatkan kualitas melalui pencapaian delapan Indikator Kinerja Utama (IKU), dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

"Dalam rangka mencetak lulusan pendidikan tinggi yang dapat diserap secara optimal oleh dunia usaha dan industri, kami akan terus mendorong perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III dalam peningkatan mutu melalui delapan IKU Perguruan Tinggi dan kebijakan MBKM," kata Kepala LLDikti Wilayah III Paristiyanti Nurwardani, dalam kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bersama pimpinan perguruan tinggi di Puncak, Jawa Barat. 

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, LLDikti Wilayah III memfasilitasi 297 perguruan tinggi swasta (PTS), 1.878 program studi, 23.838 dosen tetap, dan 640.471 mahasiswa serta lima perguruan tinggi negeri (PTN) berdasarkan data PDDikti per April 2022. 

Paris menegaskan komitmen LLDikti Wilayah III untuk menetapkan strategi dan inovasi layanan, agar perguruan tinggi di lingkungannya dapat memperoleh akreditasi unggul sehingga menginspirasi satu Indonesia. 

"Kami banyak melakukan modifikasi anggaran terutama untuk kegiatan fasilitasi seperti bimbingan teknis bagi perguruan tinggi yang akreditasinya masih C, pelatihan PEKERTI untuk dosen, peningkatan kualitas jurnal dan sebagainya dalam bentuk klinik-klinik," imbuh dia. 

Baca juga : Siswa SMA Alazka Raih Prestasi Di Kejuaraan Berkuda Internasional

Pendidikan tinggi merupakan penghasil sumber daya manusia yang handal. Mengingat angka partisipasi kasar pendidikan tinggi masih berkisar 31 persen, program-program seperti KIP Kuliah, kolaborasi antar perguruan tinggi dan industri dapat menjadi solusi. 

Diharapkan, melalui pendanaan pendidikan tinggi seperti Matching Fund dan Competitive Fund dapat menjadi asupan semangat baru bagi perguruan tinggi, terutama dalam menghasilkan publikasi penelitian yang berkualitas. 

Dalam hal sumber daya, diharapkan perguruan tinggi dapat meningkatkan terus kualifikasi akademik dosen, kinerja tridharma perguruan tinggi, kompetensi, komitmen dan etika akademik. 

Selain itu, disampaikan juga mengenai kewajiban perguruan tinggi dalam hal pengurusan akreditasi dalam penjaminan mutunya secara berkelanjutan dan konsisten. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Pullman Jakarta Indonesia

Semarakkan Libur Sekolah, Pullman Jakarta Hadirkan Shcolo HoliYay

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 15:11 WIB
Pullman Jakarta mengadakan berbagai aktivitas menarik bersama tim di Pullman Jakarta Indonesia seperti cooking class, kokoru activities dan...
MI/Dwi Apriani

94 Ribu Dosis Vaksin PMK Tiba di Bandara Soetta

👤Hendrik 🕔Senin 04 Juli 2022, 14:50 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, vaksin PMK yang telah tiba ini diperuntukan sebagai upaya pencegahan dari penyakit...
Ist

Belajar Bahasa Inggris Makin Mudah dan Efektif dengan Sistem Auto Pilot

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 14:40 WIB
Atlaz yang bergerak di bidang education technology menawarkan produk pembelajaran hybrid lewat penerbitan buku cetak yang dilengkapi oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya