Selasa 19 April 2022, 13:42 WIB

Wapres: Kaum Muda Jangan Jadi Pengekor

Emir Chairullah | Humaniora
Wapres: Kaum Muda Jangan Jadi Pengekor

dok.setwapres
Wakil Presiden Ma’ruf Amin

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta kaum muda lulusan universitas terus berinovasi dan tidak menjadi pengekor. Kaum muda diminta terus mengasah ilmu pengetahuan, keterampilan, dan karakter agar senantiasa responsif terhadap perubahan, serta mampu menciptakan inovasi dan terobosan-terobosan baru yang berdampak bagi kemaslahatan masyarakat.

“Inti sari dari inovasi adalah terus melakukan upaya pembaruan dan perbaikan secara berkelanjutan,” kata Ma’ruf pada acara Wisuda semester ganjil 2021/2022 Universitas Budi Luhur (UBL) di Jakarta, Selasa (19/4).

Menurut Ma’ruf, bangsa Indonesia akan terus tertinggal apabila masyarakatnya tidak terus melakukan inovasi. Apalagi saat ini Indonesia masih menduduki peringkat keempat terbawah di Asia Tenggara menurut Global Innovation Index 2021.

“Bangsa Indonesia harus terus membangun inovasi menjadi praktik keseharian, bila ingin menjadi salah satu yang teratas dalam kompetisi global. Tentu tidak dapat melakukan sesuatu hal dengan cara yang sama untuk aktivitas tertentu, tetapi mengharapkan hasil yang berbeda,” tegasnya.

Karena itu, Ma’ruf berpesan kepada para wisudawan agar menjadi pembelajar yang terbuka, kreatif, dan solutif dalam menghadapi aneka persoalan, sehingga manfaat akan dirasakan oleh diri sendiri serta lingkungan dan sesama.

"Terlebih generasi muda, sudah selayaknya semakin memacu semangat untuk menjadi insan-insan yang berdaya, berkontribusi nyata bagi bangsa, bahkan muncul menjadi pemimpin di tingkat dunia,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres memberikan apresiasi atas konsistensi UBL dalam pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi, dengan memperhitungkan aspek sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.

“Saya minta langkah baik ini terus ditingkatkan melalui kolaborasi inovasi dengan berbagai institusi dan industri secara lebih luas,” pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Puan Minta Pemerintah Maksimal Lakukan Persiapan Mudik

Baca Juga

Dok. Dgital Hospital

Dukung Kesehatan Jemaah, Digital Hospital Luncurkan Produk Hajj Umra Healthcare

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:41 WIB
Andy mengungkapkan, seringkali agen perjalanan menemui kendala teknis dalam pemberian layanan suntik meningitis sebagai...
Dok.MI

Covid-19 Indonesia Tertinggi Di Dunia, Satgas: Meningkat 620%

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:41 WIB
Setelah Indonesia, disusul Bangladesh yang naik 500 persen dalam 22 hari. Kemudian, Inggris naik 380 persen dalam 23...
Dok. Pribadi

Telementoring ECHO Didorong Untuk Digunakan Pada Penyakit Lain Disamping Kanker

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:27 WIB
"Dengan adanya perkembangan telementoring, ini suatu upaya yang sangat baik dan ditunggu-tunggu. Ke depannya diharapkan dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya