Minggu 03 April 2022, 13:39 WIB

Jadikan Ramadan Momentum untuk Bangkit Bersama dari Dampak Pandemi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Jadikan Ramadan Momentum untuk Bangkit Bersama dari Dampak Pandemi

DOK MI.
Ilustrasi.

 

JADIKAN Ramadan sebagai bulan momentum meningkatkan rasa empati kita terhadap sesama. Harapannya, negeri ini mampu bangkit dari dampak hantaman pandemi. 

"Pada Ramadan tahun ini, di kala penyebaran covid-19 mulai terkendali, saatnya kita setiap anak bangsa bergandengan tangan untuk bangkit bersama dari hantaman dampak pandemi," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/4). Menurut Lestari, semangat empati dan saling berbagi serta ketaatan kita terhadap perintah untuk berbuat kebajikan yang tumbuh di masa Ramadan harus menjadi modal kita sebagai bangsa untuk mengatasi sejumlah masalah yang kita hadapi saat ini. 

Rerie, sapaan akrab Lestari, mengungkapkan sejumlah upaya harus segera dilakukan agar bangsa ini mampu menjadi bangsa yang memiliki daya saing. Saat ini, ujar Rerie, ancaman terhadap generasi penerus bangsa ini sangat serius dalam berbagai bentuk. 

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mencontohkan maraknya tindak kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak, kekurangan gizi yang mengakibatkan stunting, hingga sistem pendidikan nasional kita yang belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Saat ini, diakui Rerie, sejumlah upaya sedang dilakukan agar negara mampu mengatasi ancaman tersebut. 

Baca juga: Tindak Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan Ancam Masa Depan Bangsa

Pembahasan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) misalnya, ujar Rerie, saat ini sedang dibahas bersama oleh DPR dan pemerintah yang memerlukan komitmen kuat semua pihak untuk mewujudkan. Demikian juga dengan penanggulangan stunting dan membangun sistem pendidikan nasional yang dicanangkan pemerintah, menurut Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR dari Dapil II Jawa Tengah itu, harus segera diwujudkan langkah yang benar-benar terukur. 

Rerie sangat berharap pada Ramadan ini semua upaya bangsa untuk bangkit dan mencetak generasi penerus yang tangguh di masa datang bisa segera dilakukan. Hal ini penting diwujudkan untuk menyambut masa depan Indonesia yang lebih baik. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Waspadai Penyebaran Berita Bohong dan Menyesatkan di Ruang Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 17:59 WIB
Dampak dari hoaks sangat berpengaruh besar pada tatanan dan kestabilan di masyarakat, bahkan hoaks bisa mengancam persatuan...
MI/Susanto

Kemenag Pastikan tidak Kelola Visa Haji Mujamalah

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 04 Juli 2022, 17:44 WIB
Adapun kewenangan Kementerian Agama ialah pengelolan visa haji kuota Indonesia. Di dalamnya, terdapat visa kuota haji reguler dan visa...
Antara/Novrian Arbi.

Niat Puasa Sunah Zulhijah Menjelang Iduladha

👤Miskah Syifa Putri 🕔Senin 04 Juli 2022, 17:34 WIB
Awal Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada 1 Juli 2022. Artinya, Iduladha 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada 10...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya