Kamis 03 Maret 2022, 15:10 WIB

Universitas Islam Internasional Indonesia Jadi Pusat Referensi Islam Moderat

 Indriyani Astuti | Humaniora
Universitas Islam Internasional Indonesia Jadi Pusat Referensi Islam Moderat

Antara
Menko Marves Luhut B Pandjaitan (kiri) melihat foto progres pembangunan Kampus UIII di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (20/1/20222).

 

TENAGA Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Rumadi Ahmad mengatakan, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk menjadikan Indonesia pusat peradaban Islam yang moderat.

Menurutnya, Indonesia mempunyai posisi strategis karena penduduknya muslim terbesar di dunia serta tidak mempunyai beban sejarah ataupun terlibat dengan konflik keagamaan.

Baca juga: Pengamat UGM : Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi Bisa Ringankan APBN

"Posisi ini memudahkan Indonesia berkomunikasi dengan semua kekuatan keagamaan," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (3/3/2022).

Karenanya, Indonesia dianggap bisa menjadi referensi pengembangan Islam yang toleran dan moderat. Kehadiran UIII sebagai perguruan tinggi bisa berkontribusi mewujudkan hal itu.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada beberapa kesempatan mengatakan, penyelenggaraan kegiatan perkuliahan di UIII disesuaikan dengan standar universitas internasional.

Wapres berharap UIII dapat menjadi pusat keunggulan peradaban Islam global dan menguatkan peran Indonesia sebagai negara yang berhasil menerapkan Islam dengan baik.

Baca juga: Gotong Royong Bersihkan Masjid Kesultanan Banten

"Prakarsa pembangunan UIII sejak awal dimaksudkan untuk menjadi pusat rujukan global pelaksanaan Islam wasathiyah," ungkap Ma'ruf Amin saat memimpin rapat status kemajuan pembangunan UIII di Istana Wakil Presiden pada Rabu (2/3/2022).

Pembangunan UIII ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) No 57/2016 tentang pendirian UIII pada 29 Juni 2016 lalu. Kantor Staf Presiden ikut mengawal pelaksanaan pembangunan hingga pengoperasian UIII. (Ind/A-3)

Baca Juga

DOK Kemenkominfo.

Kemenkominfo Targetkan 5,5 Juta Masyarakat Peroleh Literasi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:29 WIB
Mengutip survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APGI) pada 2022, lebih dari 210 juta penduduk Indonesia atau 77,02% dari total...
Antara

Update 29 Juni: 64 Ribu Orang Terima Vaksin Dosis Kedua

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 29 Juni 2022, 22:47 WIB
Total sebanyak 14.554.522 lansia telah menerima vaksin dosis lengkap per Rabu...
ANTARA

Pemerintah Evaluasi Rutin Perkembangan Wabah PMK

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 22:35 WIB
Saat ini penyakit PMK selain menjangkiti hewan sapi, juga sudah menjangkiti kerbau, kambing, domba, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya