Jumat 21 Januari 2022, 21:48 WIB

Perguruan Tinggi Didorong Segera Gelar PTM Terbatas

Widhoroso | Humaniora
Perguruan Tinggi Didorong Segera Gelar PTM Terbatas

DOK/LLDikti
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 3 DKI Jakarta, Paristiyanti Nurwardani (kanan).

 

PERGURUAN tinggi didorong untuk segera melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Pembelajaran secara daring (online) terlalu lama akan mendatangkan dampak negataif jkepada mahasiswa.

Hal itu diungkapkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 3 DKI Jakarta, Paristiyanti Nurwardani, Jumat (21/1). Ia menyebut, selain berpotensi mengakibatkan learning loss, efek negatif pembelajaran online terlalu lama antara lain kurang terasahnya soft skill mahasiswa.

"Kemampuan soft skill ini bisa didapat dengan cara komunikasi secara langsung. Kalau mahasiswa terlalu lama tidak bertemu dosen, saya khawatir respek mahasiswa ke dosen berkurang," ungkap Paristiyanti.

Ia menilai kompetensi sosial penting untuk selalu diperhatikan. Mantan Sekretaris Ditjen Dikti Kemdikbudristek ini menambahkan, Dampak negatif lainnya adalah sulit mengukur keberhasilan profil pelajar Pancasila, jika mahasiswa hanya belajar daring dari rumah.

Dikatakan, gotong royong dengan kebhinekaan sulit dilakukan jika pembelajaran dilakukan secara daring. Disebutkan, pembelajaran secara daring juga akan sulit untuk menilai hal-hal lain seperti kreativitas.

Untuk hard skill, jelasnya, di kampus terdapat berbagai fasilitas untuk pembelajaran yang kolaboratif. Dengan demikian, hardskill dan soft skill akan jauh lebih tercapai learning outcome-nya ketika mahasiswa belajar di kampus.

"Jangan sampai learning loss diperpanjang lagi, hanya karena kita tidak berani ambil risiko. Kita sudah terbiasa new normal. SD saja berani PTM, masak kita enggak berani. Di pendidikan tinggi lebih tahu soal mitigasi, jadi seharusnya lebih berani PTM dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," pungkasnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

Dok MI

Satgas Sebut Tidak Terjadi Lonjakan Kasus Usai Libur Lebaran

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:44 WIB
Wiku menyebut kondisi tersebut menujukkan kasus covid-19 dapat terkendali di tengah...
Dok. handout Youtube Satgas Covid-19

Indonesia Siap Gelar Pertemuan Internasional Penanggulangan Risiko Bencana

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:26 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, GPDRR merupakan pertemuan internasional terkait...
Dok. Kemenkominfo

Siapkan SDM Digital Unggul Berdaya Saing, Kemenkominfo Sediakan Pelatihan dan Beasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:21 WIB
“Melalui pendidikan non-formal, berupa pelatihan pada tiga level keterampilan digital yakni Basic Digital Skill, Intermediate...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya