Rabu 19 Januari 2022, 20:21 WIB

90,37 Persen Warga Purwakarta Ikut BPJS Kesehatan

Reza Sunarya | Humaniora
90,37 Persen Warga Purwakarta Ikut BPJS Kesehatan

DOK MI
BPJS Kesehatan

 

KEPESERTAAN BPJS Kesehatan di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat terus meningkat. Pada Desember 2020 mencapai 89 persen, sementara hingga Desember 2021, angka kepesertaan BPJS Kesehatan di Kabupaten Purwakarta mencapai 90,37 persen dari jumlah penduduk Purwakarta sebanyak 996 ribu jiwa.

"Meningkatnya antusias warga Purwakarta untuk ikut BPJS Kesehatan,  karena selama ini  pemerintah daerah turut konsen untuk mendorong masyarakat yang belum tercover asuransi kesehatan. Bahkan, khusus warga kurang mampu pemerintah daerah sudah mengalokasikan anggaran agar tercover jaminan kesehatan," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Rabu (19/1).

Dikatakan Anne, peran Pemerintah Daerah salah satunya, dengan memfasilitasi masyarakat yang belum tercover asuransi kesehatan supaya bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan. Pemerintah membayarkan premi BPJS warga menggunakan APBD.

"Jajaran Pemkab Purwakarta di sektor kesehatan, diantaranya yakni melalui program jaminan kesehatan gratis masyarakat. Caranya dengan membantu membayarkan premi bagi warga yang belum ikut kepesertaan atau tercover BPJS," ungkap Anne.

Anne Ratna Mustika berjanji akan terus mendorong jajaran pemerintahan daerah untuk terus meningkatkan capaian kepesertaan warga karena untuk mencapai UHC masih 45.704 jiwa, kekurangan angka kepesertaan tersebut pada 2022 ini harus terpenuhi, minimal setengah dari kekurangan tersebut.

"Kita targetkan 25 ribu kepesertaan baru harus tercapai pada tahun ini tentu dengan bersama-sama. Saya yakin ini bisa, kriteria masyarakat yang dapat BPJS, yang pertama adalah bukan pegawai pemerintah artinya masyarakat biasa, masyarakat biasa yang mana, yang diskala prioritaskan, karena anggaran kita terbatas yang katagorinya kurang mampu, ibu hamil, ibu hamil yang tadi masih kategori dari keluarga kurang mampu tahun ini akan kita tarik untuk ikut kepesertaan," pungkas Anne. (OL-15)

Baca Juga

MI/Koresponden

KLHK Tingkatkan Antisipasi Karhutla di Sejumlah Wilayah

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:54 WIB
BMKG mengungkapkan bahwa cuaca panas akan terjadi sepanjang Mei 2022. KLHK akan meningkatkan kewaspadaan munculnya kebakaran...
MI/ MOH IRFAN

Bali Bisa Jadi Percontohan Implementasi Pembanngunan Berkelanjutan

👤Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:39 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa Provinsi Bali bisa menjadi percontohan dalam aktualisasi sustainable developement dan...
Ist/Kemendes PDTT

Kejar Ketertinggalan, Gus Halim: Pengelolaan RSNU Harus Profesional

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:16 WIB
Pengelolaan Rumah Sakit Nadhlatul Ulama (RSNU) selama ini relatif tertinggal dibandingkan dengan penyelenggara layananan Kesehatan milik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya