Selasa 21 Desember 2021, 08:31 WIB

MPR: Pimpinan DPR Harus Percepat Pengesahan RUU TPKS

Fachri Audhia Hafiez | Humaniora
MPR: Pimpinan DPR Harus Percepat Pengesahan RUU TPKS

ANTARA/BASRI MARZUKI
Aktivis organisasi perempuan membawa spanduk pada Kampanye Anti Kekerasan terhadap Perempuan di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (10/12/2021).

 

WAKIL Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mendorong pimpinan DPR untuk menyegerakan pengesahan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) menjadi undang-undang (UU). Rancangan beleid itu dinilai sebagai salah satu jalan keluar untuk mencegah tindak kekerasan seksual.

"Jangan sampai maraknya kekerasan seksual yang terjadi di tengah masyarakat, malah direspons pimpinan DPR dengan menunda-nunda proses legislasi RUU TPKS," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Selasa (21/12).

Baca juga: YKI Dukung Pemerintah Naikan Cukai Rokok untuk Cegah Kanker

Menurut Rerie, penundaan untuk memparipurnakan RUU TPKS menjadi RUU inisiatif DPR memperlihatkan para pimpinan belum sepenuhnya memahami situasi yang terjadi di masyarakat. Kasus kekerasan seksual yang terus berulang, terutama kerap menimpa perempuan dan anak.

"Perempuan dan anak adalah kelompok masyarakat yang merupakan bagian penting bagi masa depan bangsa ini," tegas Rerie.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengatakan para pimpinan DPR harus memastikan proses legislasi RUU TPKS berlanjut. Rerie berharap tercipta ruang dialog yang konstruktif antarpara pimpinan DPR untuk meneruskan tahapan legislasi.

"Berharap, pada kesempatan rapat paripurna mendatang para pimpinan DPR memberi perhatian pada RUU TPKS. Sehingga, tidak terkendala lagi dengan masalah teknis dalam proses pengesahaannya sebagai RUU inisiatif DPR," ujar Rerie. (H-3)

Baca Juga

MI/FATHURROZAK

Ingin Tembus Pasar Global

👤Jek/M-4 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 07:45 WIB
SALAH satu yang menjadi harapan dengan hadirnya Kraf Studio bagi Dian Kurnia Arismawan ialah bisa memberikan pilihan bagi para orangtua...
Dok. Kraf Studio

Mengemas Kardus Bekas Jadi Berkelas

👤Fathurrozak 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 07:30 WIB
Bermula dari kegiatan sekolah anaknya, kini Dian Kurnia Arismawan punya sumber pemasukan baru. Melalui tangan terampilnya, ia membuat...
ANTARA/Sigid Kurniawan

Pasien Cedera Olahraga Sebaiknya Segera Ditangani Secara Agresif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 06:45 WIB
Penanganan pertama yang diberikan akan memengaruhi keseluruhan proses pemulihan pasien, mulai dari tingkat keparahan hingga lama durasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya