Minggu 19 Desember 2021, 11:32 WIB

Oktria, Anak Keluarga Penerima Manfaat PKH Pemilik Suara Emas 

mediaindonesia.com | Humaniora
Oktria, Anak Keluarga Penerima Manfaat PKH Pemilik Suara Emas 

Ist/Kemensos
Oktria Nofianti, penyandang disabilitas netra (low vision) berdialog dengan Mensos Tri Rismaharini saat berkunjung ke Pangkal Pinang, Babel.

 

ADA yang istimewa pada kunjungan Menteri Sosial Tri Rismaharini di Rumah Dinas Wali Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung (Babel) pada Sabtu (18/12). 

Undangan yang hadir pada kegiatan penyerahan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), tersita perhatiannya pada sosok gadis tersebut. Suaranya yang merdu sejenak membuat hadirin terkesima.

Pemilik suara emas tersebut adalah Oktria Nofianti, penyandang disabilitas netra (low vision ). Oktria sempat berdialog dengan Mensos dan berniat menyanyi dalam bahasa Jepang.

Gadis 20 tahun ini merupakan anak ketiga Kastini, Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) dengan komponen pendidikan kategori anak SMA. 


 
Saat ini usia Oktria masih duduk di bangku kelas XII di SMALB YPC Pangkal Pinang. Keterbatasannya tak menghentikan prestasi anak yang tinggal di Bukit Merapin, Pangkal Pinang ini. 

Saat ditemui dirumahnya, Oktria menceritakan awal mula menyukai musik dari kecil karena sering mendengarkan lagu. Saat masuk sekolah, ia ditawari ikut lomba. Tak disangka, pertama kali ikut lomba, 2013, mendapatkan juara II tingkat provinsi. 

Cerita sukses Oktria terus berlanjut. "Yang paling berkesan lagi, tahun 2016, bisa ke Manado, bisa naik pesawat. Tahun 2020 juga itu dapat juara I, meskipun daring," ungkapnya dengan nada bangga atas prestasi yang diraihnya. 

Selain menyanyi, Oktria juga menguasai salah satu cabang olahraga boci yang juga menghantarkannya meraih juara. 

"Selain mengikuti lomba nyanyi, saya juga pernah mengikuti lomba Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), dan Alhamdulillah mendapatkan juara I tingkat Provinsi dan Harapan I Nasional. Cabang lomba yang diikuti adalah boci (bocce),“kata Oktria. 

Bocce adalah salah satu jenis olah raga yang dilakukan dengan teknik melempar atau menggulung bola berat sedekat mungkin ke bola target kecil.

Bantuan Kemensos

Mensos Risma telah hadir di Pangkalpinang sejak kemarin. Selama sehari penuh, Mensos melakukan kegiatan di sejumlah titik. Dalam kegiatan tersebut, Mensos juga menyerahkan bantuan.

Bantuan logistik Kemensos untuk Provinsi Bangka Belitung tercatat senilai Rp727.328.390. Untuk korban banjir rob di Kelurahan Batu Belubang, Kabupaten Bangka Tengah berupa Paket Sembako, Perlengkapan Kontak dan mengisi Lumbung Sosial dengan total nilai Rp175.880.640.

Kemensos juga menyalurkan Paket Sembako untuk Kabupaten Bangka Barat sebanyak 300 paket senilai Rp54.000.000. 

Di Rumah Dinas Walikota Pangkal Pinang, Mensos menyerahkan bantuan Atensi  senilai total Rp1.477.295.580.

Bantuan terdiri dari bantuan Atensi untuk anak yatim, piatu dan yatim piatu, kewirausahaan, aksesibilitas, dan kebutuhan dasar. Total penerima bantuan sebanyak 919 orang. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Adi Kristiasi

Puncak Peringatan Hari Lansia 2022 Digelar di Tasikmalaya

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 29 Mei 2022, 07:15 WIB
PERINGATAN Hari Lanjut Usia (HLUN) tahun 2022 siap digelar hari ini, Minggu (29/5), di Tasikmalaya dihadiri Menteri Sosial Tri...
dok.ist

Harlah ke-51, Hikmahbudhi Ajak Kader Tingkatkan Kontribusi ke Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 07:10 WIB
PANCASILA yang merupakan dasar negara, menurut dia harus terus dibumikan dan merupakan sesuatu yang sudah final serta tidak bisa diganggu...
Fanny Laurensia

Kegigihan sang Juara Debat

👤Nike Amalia Sari 🕔Minggu 29 Mei 2022, 06:20 WIB
DEBAT menjadi ajang pertukaran pendapat mengenai suatu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya