Jumat 17 Desember 2021, 16:42 WIB

Gandeng Kemenkes dan PB IDI, SMBC Donasikan 100 Unit Konsentrator Oksigen

Eni Kartinah | Humaniora
Gandeng Kemenkes dan PB IDI, SMBC Donasikan 100 Unit Konsentrator Oksigen

Ist
Acara serah terima 100 unit konsentrator oksigen dari SMBC kepada Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

 

DENGAN menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) mendonasikan sebanyak 100 unit oxygen concentrator atau konsentrator oksigen kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Langkah entitas induk usaha PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) ini merupakan kelanjutan dari inisiatif SMBC dalam membantu mengatasi penularan dan dampak Covid-19 di dunia, termasuk Indonesia, seiring dengan terus berkembangnya varian virus korona. 

Hal ini juga merupakan bentuk simpati serta dukungan dari SMBC beserta seluruh karyawannya kepada masyarakat Indonesia yang terdampak Covid-19.

Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar (PB) IDI, dr. Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT, mengungkapkan bahwa partisipasi semua pihak dalam membantu penangangan Covid-19 merupakan dukungan yang sangat berarti.

“Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh SMBC dalam mendukung penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal ini menunjukkan rasa solidaritas dan kebersamaan yang sangat kita butuhkan dalam situasi seperti ini,” kata Adib dalam pernyataannya, Jumat (17/12).

Menurut Adib, langkah antisipasi perlu disiapkan, seperti penguatan infrastruktur, serta bantuan obat-obatan dan alat kesehatan, untuk meminimalkan penyebaran varian-varian baru virus korona.

"Pemilihan kota dan kabupaten sasaran pendistribusian unit oxygen concentrator dilakukan dengan mempertimbangkan peta distribusi penyebaran Covid-19 dan peta angka kematian akibat Covid-19 pada dokter dan tenaga kesehatan," kata Adib.

PB IDI membantu menyalurkan 100 unit konsentrator oksigen tersebut untuk distribusikan ke 35 kota dan kabupaten di 19 provinsi di Indonesia mulai bulan ini, dan membantu koordinasi penggunaanya melalui institusi kesehatan maupun lembaga yang relevan dalam penanganan Covid-19. 

Propinsi yang menjadi target distribusi oxygen concentrator antara lain Nanggroe Aceh Darussalam, Jambi, Riau, Sumatra Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Papua.

Andrie Darusman, Communications & Daya Head Bank BTPN, dalam pernyataannya mengatakan Bank BTPN, sebagai entitas anak usaha SMBC, akan terus berkomitmen dalam upaya mendukung masyarakat di Indonesia menanggulangi pandemi Covid-19.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Dokter Indonesia melalui Tim Mitigasi Pengurus Besar IDI yang menerima bantuan ini. Harapan kami donasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan oxygen concentrator,” ucap Andrie.

Selain bantuan untuk masyarakat, Bank BTPN dan SMBC juga menyediakan sebanyak 45 unit konsentrator oksigen yang telah didistribusikan ke cabang-cabang Bank BTPN untuk dimanfaatkan oleh karyawan dan keluarga mereka yang membutuhkan selama periode isolasi mandiri. 

Sebelumnya SMBC mendonasikan Rp1,3 miliar atau setara 10 juta yen kepada Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) pada September 2020. Bantuan dana tersebut digunakan untuk mendukung upaya tanggap medis di seluruh Indonesia.

SMBC juga telah menyerahkan bantuan dana sebesar Rp13,17 miliar atau 100 juta yen kepada UNICEF Indonesia untuk membantu badan PBB  tersebut memperluas program penanggulangan pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap kesehatan anak-anak dan perempuan di Tanah Air. (Nik/OL-09)

Baca Juga

Dok Universitas Muhammadiyah Kupang.

Lima Ikhtiar Mewujudkan Integrasi Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 09:48 WIB
Sederet fakta memilukan menjadi tantangan nyata dalam membangun integrasi sosial di...
ANTARA/HO/Dok BPBD Flores Timur

PBB Berharap Indonesia Dorong Negara Lain untuk Berinvestasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 07:05 WIB
Berbagai program dan aksi mengurangi risiko bencana di tingkat nasional, kawasan, dan dunia membutuhkan pembiayaan yang...
MI/RAMDANI

Reza Rahadian Mengadvokasi Pentingnya Penguatan Kapasitas Masyarakat Menghadapi Bencana

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana memerlukan pembiayaan dari pemerintah dan lembaga pembangunan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya