Minggu 12 Desember 2021, 15:20 WIB

Bahasa Inggris Jadi Materi Baru Tes UTBK 2022

Faustinus Nua | Humaniora
Bahasa Inggris Jadi Materi Baru Tes UTBK 2022

LTMPT
Ilustrasi

 
PELAKSANAAN seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan UTBK seleksi bersama masuk PTM (SBMPTN) 2022 tidak mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan tahun 2021. Seluruh tahapan hingga syarat masih tetap sama dan hanya dilakukan penyesuaian jadwal pelaksanaannya.

Namun, menurut Ketua Pelaksana LTMPT Budi P Widyobroto, satu hal yang baru dalam pelaksanaan seleksi mahasiswa baru tahun ini adalah materi tes.

"LTMPT menambahkan tes Bahasa Inggris yang sebelumnya tidak ada dalam UTBK atau tidak dikeluarkan nilainya. Pada prinsipnya sebetulnya tidak banyak berubah," ujarnya dalam sosialisasi LTMPT 2022, Minggu (12/12).

Dijelaskannya, penambahan Bahasa Inggris sebagai materi tes yang baru merupakan pertimbangan dari perguruan tinggi. Hal itu penting untuk mendukung pembalajaran di perguruan tinggi sendiri.

"Bahasa Inggris ini Bapak/ Ibu Rektor mempertimbangakannya karena sangat mendukung pembelajaran di perguruan tinggi," imbuhnya.

Materi lain seperti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) masih sama seperti tahun sebelumnya. Dan diharapkan para calon peserta bisa mulai mempersiapkan diri sebelum mengikuti UTBK 2022.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa syarat-syarat yang masih sama tetap harus diperhatikan pihak sekolah dan siswa. Sekolah yang belum terdaftar bisa meregistrasi akun LTMPT sedangkan yang sudah terdaftar tidak perlu meregistrasi ulang.

Bagi semua siswa diharuskan meregistrasi akun LTMPT. Meski ada calon peserta yang sudah memliki akun lama pada tahun sebelumnya, LTMPT mewajibkan akun baru di tahun 2022.

Pengisian PDSS juga tidak ada perubahan seperti tahun sebelumnya. Data PDSS merupakan tanggung jawab sekolah.

"PDSS akan mengakomodasi perubahan kurikulum (2016 dan 2013). Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data menjadi tanggung jawab kepala sekolah," terangnya.

Selain itu, kuota 3 jalur seleksi tahun 2022 masih sama. Untuk SNMPTN minimum 20%,

SBMPTN minimum 40% dan seleksi Mandiri maksimum 30%. Bagi PTNBH diberi keleluasaan untuk bisa menentukan kuota seleksi Mandiri hingga maksimal 50% dan SBMPTN minimum 30%.(van)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya