Sabtu 04 Desember 2021, 19:30 WIB

Penularan Varian Omicron Lebih Cepat, Tindakan Pencegahan Ketat Perlu Dilakukan 

M. Iqbal Al Amchmudi | Humaniora
Penularan Varian Omicron Lebih Cepat, Tindakan Pencegahan Ketat Perlu Dilakukan 

AFP/Lizabeth menzies
Morfologi Covid-19

 

EPIDEMIOLOG dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan tingkat bahaya varian Covid-19 Omicron. Namun, berdasarkan data yang ada, varian Omicron diketahui menular lebih cepat, terutama bagi penyintas Covid-19. 

"Dari kecepatannya menginfeksi saja sudah memberi pesan bahwa varian yang lebih cepat menular artinya orang yang sakit akan lebih banyak," kata Dicky saat dihubungi, Sabtu (4/12). 

Dicky menyebutkan, penularan Omicron bahkan tercatat 1,3 kali lebih cepat dibandingkan varian Covid-19 Delta yang sebelumnya menyebabkan gelombang kassu Covid-19 di beberapa negara. Karena itu, tindakan pencegahan (retrospective surveillance) penting dilakukan. 

"Jika delta ini sebaiknya 3 bulan sebelumnya, dan untuk omicron ini sejak awal disampaikan setidaknya mulai dari awal November (4 pekan) dilakukan retrospective surveillance," ujar Dicky. 

Baca juga : Omicron Meluas, Kemenhub Perketat Pintu Masuk Udara

Di antaranya melakukan pelacakan kasus kontak, testing, isolasi karantina pada warga negara dari luar negeri terutama dari negara asal varian omicron. "Dan tidak harus semua orang, cukup yang positif covid-19 dari PCR dan rapid tesnya postif sejak setelah kedatangan," ujarnya 

Untuk retrospective surveillance dari pemerintah dirinya mengaku belum melihat hasilnya. Dirinya sudah mengusulkan kepada pemerintah untuk mendeteksi orang yang positif covid-19 termasuk jejak penularannya. 

"Semakin cepat maka semakin baik untuk memberikan data seberapa jauh orang yang sudah terinfeksi dan seberapa efektif intervensi ini," ujarnya. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Perempuan Punya Kesempatan Duduki Posisi Tertinggi Di Dunia Pendidikan

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:50 WIB
PEREMPUAN memiliki potensi yang tidak kalah berkualitas dalam hal kepemimpinan, termasuk dalam dunia...
DOK Instagram @yennywahid.

Hubungan Syafii Maarif dengan Gus Dur dan Pak Harto

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:45 WIB
Yang menarik, Yenny Wahid mengungkapkan hubungan Syafii dengan Gus Dur dan Peter Gontha mengisahkan Syafii dengan Presiden kedua RI...
Antara

31,1 Juta Masyarakat Umum dan Rentan Terproteksi Booster

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:36 WIB
Sebanyak 4.559.957 lanjut usia telah terproteksi vaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya