Sabtu 06 November 2021, 13:45 WIB

Perki Banten Edukasi Kesehatan Jantung untuk Masyarakat Lewat APICD

Budi Ernanto | Humaniora
Perki Banten Edukasi Kesehatan Jantung untuk Masyarakat Lewat APICD

DOK IST
The 20th Annual Progress in Cardiovascular Disease (APICD) 2021.

 

PERHIMPUNAN Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki) Banten menggelar konferensi pers The 20th Annual Progress in Cardiovascular Disease (APICD) 2021 pada Sabtu (6/11) di bilangan Kuningan, Jakarta. APICD merupakan rangkaian kegiatan ilmiah tahunan yang diselenggarakan oleh Perki Banten diselenggarakan pada 6-7 dan 13-14 November bekerja sama dengan Alomedika dan Pengelolaan Nama Domain Internet Indonesia (Pandi). 

Secara konsisten APICD telah dilaksanakan setiap tahun hingga tahun ini yang memasuki edisi yang ke 20. Tahun ini APICD dilaksanakan secara online bekerja sama dengan platform Alomedika.

Rangkaian acara APICD meliputi konferensi pers, simposium, workshop, lomba poster, lomba video edukasi kesehatan jantung, peluncuran situs banten.perki.id dan peluncuran buku serial Gagal Jantung bagi tenaga kesehatan dan buku Mitos Fakta seputar penyakit jantung bagi masyarakat.

Apa yang berbeda dari APICD tahun ini adalah acaranya tidak ditujukan hanya bagi tenaga kesehatan, dokter, dan perawat. Namun juga ditujukan kepada masyarakat.

Baca juga: Inilah Pola Makan Sehat untuk Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Menurut dr Eko Saputra MBiomed SpJP, penyakit jantung saat ini masih menjadi penyebab tertinggi angka kematian di dunia bahkan di Indonesia. "Hal ini menyebabkan penyakit jantung menjadi momok di masyarakat sehingga saat mendengar penyakit jantung maka bayangan pertama yang terlintas adalah kematian. Hoax dan mitos pun berkembang pesat di masyarakat yang membuat orang semakin takut mendengar penyakit jantung ini," kata dia dalam keterangan resmi yang dirilis Perki Banten.

APICD berusaha untuk menyediakan sarana bagi para ahli jantung untuk menangkal atau mengklarifikasi informasi hoax atau mitos tersebut. 70 dokter dokter spesialis Jantung yang tergabung dalam organisasi Perki Banten menulis dan menyusun sebuah buku yang berjudul 70 Mitos atau Fakta seputar Penyakit Jantung yang ditujukan bagi masyarakat. 

Ada 70 materi yang dikupas secara tuntas di antaranya apakah durian dapat menaikkan tekanan darah, ketumbar dapat menurunkan kolesterol, dan minum obat jantung menyebabkan kerusakan ginjal. Dengan adanya buku tersebut diharapkan mampu mencerdaskan masyarakat Indonesia untuk menangkal hoaks. (R-3)

Baca Juga

MI/ HO

Dirjen Pendis Ajak Guru Beradaptasi dengan Kondisi Kontemporer

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:58 WIB
Ramdani mengajak agar para guru terus aktif mengikuti perkembangan...
MI/ Moh Irfan

Covid-19 Masih Menginfeksi, Hari ini 224 Kasus Positif

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:42 WIB
Dengan penambahan kasus positif hari ini, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai jumlah 6.054.173...
AFP/Brian WJ Mahy.

CDC Sebut Kasus Cacar Monyet Serang Pelaku Homoseksual

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:25 WIB
CDC mendesak penyedia layanan kesehatan di AS untuk waspada terhadap pasien yang memiliki penyakit ruam yang konsisten dengan cacar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya