Rabu 20 Oktober 2021, 19:32 WIB

Peduli Lingkungan, Industri Kosmetik Turut Dukung Kampanye Sustainability

mediaindonesia.com | Humaniora
Peduli Lingkungan, Industri Kosmetik Turut Dukung Kampanye Sustainability

Foto/Dok.MI
GAIA Vegan Beauty turut mendukung kelestarian hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Palung, Kayong Utara dan Ketapang, Kalimantan Barat.

 

SUSTAINABILITY atau keberlanjutan belakangan telah menjadi salah satu nilai jual yang penting untuk sebuah brand. Perlu diketahui bahwa sustainability atau keberlanjutan adalah penggunaan metode secara sadar dan proaktif yang tidak membahayakan manusia dan bumi

Kini dari generasi milenial serta Generasi Z bahwa woke culture atau kultur ‘kesadaran’ telah menjadi tren yang lumrah, salah satunya dalam usaha untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam Bumi.

Mengenai hubungan antara sustainability dengan produk kecantikan, diharuskan kilas balik ke periode di mana tersebar brand kecantikan yang menjalani sebuah proses development yang memberikan dampak buruk terhadap lingkungan sekitar.

Salah satu yang memberi dampak buruk terhadap linkungan seperti menggunakan bahan-bahan berbasis kimia yang berbahaya untuk manusia serta menggunakan binatang sebagai kelinci percobaan.

Pada akhirnya, mulailah muncul brand-brand yang mengedepankan ilmu teknologi dan sains untuk menciptakan kreasi bahan yang dapat menggantikan bahan kimia untuk menjadi lebih ramah kepada kesehatan lingkungan dan tentunya, kesehatan manusia sebagai konsumen utama di industri ini.

Sebagai salah satu brand yang juga mengamalkan nilai sustainability, GAIA Vegan Beauty pun turut mengambil langkah-langkah yang diharapkan bisa memberi dampak positif kepada lingkungan sekitar dan tentunya, kepada sesama  baik konsume atau pembeli dan komunitas.

Founder GAIA, Vienna Bastian menyebut setiap bahan yang digunakan dalam produk GAIA telah dipastikan vegan, cruelty-free dan telah bersertifikasi dari SGS.

"Kemudian, GAIA juga menggunakan signature red bubblemailer yang terbuat dari bahan yang biodegradable serta dapat didaur ulang atau recyclable. Ditambah, boks produk terdiri dari bahan zero waste serta dicetak menggunakan plant-based inks, menggantikan petroleum-based inks," jelas Vienna pada keterangan pers, Rabu (20/10).

“Tidak hanya itu, setiap 1% dari benefit atau keuntungan akan digunakan untuk mengadopsi bibit kayu keras di wilayah Kalimantan tepatnya di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Palung,” ujarnya.

GAIA juga menyediakan inisiatif kepada pembeli untuk dapat ikut serta dalam program sustainability melalui kartu love notes yang mengandung bibit wildflower untuk ditanam di rumah masing-masing.

Di samping itu, GAIA juga menyediakan Viscose Makeup Removal Wipes terbuat dari wood pulp atau serat kayu yang telah menjadi bagian dari kain tersebut sebagai token of appreciation kepada konsumen.

“Kita bukan hanya consumer, tapi kita Global Citizen. Misi GAIA adalah menyampaikan pesan awareness melalui produk dalam dunia kecantikan. Di mana sekecil apapun sebuah langkah tetaplah sebuah kemajuan," tutupnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

Momentum Bonus Demografi, Lulusan PT Diharapkan Ciptakan Lapangan Kerja

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 09:25 WIB
Masyarakat usia produktif dapat menjalankan tiga fungsi yaitu dapat menghidupi dirinya sendiri, menghidupi mereka yang tidak atau belum...
ANTARA

Tampil di Waiwai World Fair 2021, Tim Seni Budaya Indonesia Pukau Warga Shizuoka

👤 Faustinus Nua 🕔Kamis 02 Desember 2021, 09:05 WIB
Diplomasi budaya ini sangat penting dalam penguatan hubungan Indonesia-Jepang yang akan mencapai 65 tahun pada tahun...
DOK DPR RI

Komisi IX Pantau Penanganan ‘Stunting’ di Kota Tangerang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 08:17 WIB
Permasalahan stunting ini, menurut Melki, merupakan perkara yang serius. Pasalnya, anak yang mengalami gagal tumbuh akan berpengaruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya